ROCHMAH, ARDIANTI FAUZIAH
(2021)
PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP PERUBAHAN TINGKAT STRES PADA ANAK KELAS VI SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SD DARUL ULUM BUNGURASIH.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Dalam lingkungan akademik, stres merupakan hal yang sering terjadi oleh siswa
baik disadari maupun tidak disadari. Apalagi yang terjadi saat ini adanya pandemi
covid-19 dimana kegiatan akademik menerapkan pembelajaran jarak jauh. Stres
dapat terjadi karena adanya beban tugas yang banyak, tuntutan orang tua dan
kurangnya interaksi teman sebaya.
Tujuan: Untuk menganalisis pengaruh senam otak terhadap perubahan tingkat
stres pada anak selama pembelajaran jarak jauh di SD Darul Ulum Bungurasih.
Desain penelitian: Menggunakan rancangan pra-Eksperimen dengan One Group
Pre-test dan Post-test, populasi sebesar 83 anak dengan jumlah sampel 69 anak dari
28 anak kelas V dan 41 anak kelas VI. Teknik pengambilan sampel menggunakan
random sampling (Probablitity Sampling) pengambilan secara kelompok (Cluster
Sampling). Variabel independent senam otak dan variabel dependent perubahan
tingkat stres pada anak selama pembelajaran jarak jauh di SD Darul Ulum
Bungurasih. Kueisoner yang digunakan adalah PSS-10. Analisis data menggunakan
uji wilcoxon.
Hasil analisa data yang diperoleh dengan uji wilcoxon adalah p=0,000 < 0,05,
berarti ada pengaruh senam otak terhadap perubahan tingkat stres pada anak selama
pembelajaran jarak jauh di SD Darul Ulum Bungurasih.
Simpulan dari penelitian ini adalah senam otak baik untuk menurunkan tingkat
stres pada anak dan dapat diterapkan di sekolah secara teratur dan benar.
Actions (login required)
|
View Item |