WAHYUNI, SRI
(2021)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK PADA MASA BELAJAR DARI RUMAH MELALUI KEGIATAN BERMAIN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN DI TK HANG TUAH 18 SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Sri Wahyuni, 2021. Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Masa
Belajar dari Rumah melalui Kegiatan Bermain Matematika yang
menyenangkan di TK Hang Tuah 18 Surabaya. Skripsi S1 Pendidikan
Guru Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul
Ulama Surabaya.
Aspek perkembangan yang harus dikembangkan pada anak usia
dini salah satunya adalah kognitif. Pengembangan kognitif adalah suatu
proses berpikir berupa kemampuan untuk menghubungkan, menilai dan
mempertimbangkan sesuatu Belajar matematika terkadang sulit bagi
sebagian anak. Tetapi, sebenarnya pengenalan konsep matematika bisa
dilakukan di mana saja
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
dengan metode bermain matematika yang menyenangkan dapat
meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan langkah-langkah
penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan
refleksi hasil penelitian. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri
dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini berjumlah 21 anak usia 4-5
tahun.Teknik pengumpulan dan analisa data pada penelitian ini yaitu
observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pra siklus pada
kemampuan kognitif anak di TK Hang Tuah 18 Surabaya diperoleh
nilai rata-rata 55% dengan keriteria kurang. Siklus I meningkat
diperoleh hasil 67% dengan kriteria baik. Sedangkan kemampuan pada
siklus II meningkat menjadi 81% dengan kriteria sangat baik. Ini sudah
sesuai dengan perkembangan kognitif pada anak usia 4-5 tahun yaitu
kemampuan kognitif anak sudah lebih sempurna.
Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa metode bermain
matematika dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5
tahun di TK Hang Tuah 18 Surabaya. Di sarankan agar guru
menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif sehingga anak
tidak merasa bosan dan kegiatan pembelajaran dapat tercapai secara
maksimal.
Actions (login required)
|
View Item |