MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK PADA MASA BELAJAR DARI RUMAH MELALUI KEGIATAN BERMAIN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN DI TK HANG TUAH 18 SURABAYA

WAHYUNI, SRI (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK PADA MASA BELAJAR DARI RUMAH MELALUI KEGIATAN BERMAIN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN DI TK HANG TUAH 18 SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210064_abstract.pdf

Download (670kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29321.html

Abstract

Sri Wahyuni, 2021. Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Masa Belajar dari Rumah melalui Kegiatan Bermain Matematika yang menyenangkan di TK Hang Tuah 18 Surabaya. Skripsi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Aspek perkembangan yang harus dikembangkan pada anak usia dini salah satunya adalah kognitif. Pengembangan kognitif adalah suatu proses berpikir berupa kemampuan untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan sesuatu Belajar matematika terkadang sulit bagi sebagian anak. Tetapi, sebenarnya pengenalan konsep matematika bisa dilakukan di mana saja Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan metode bermain matematika yang menyenangkan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan langkah-langkah penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi hasil penelitian. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini berjumlah 21 anak usia 4-5 tahun.Teknik pengumpulan dan analisa data pada penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pra siklus pada kemampuan kognitif anak di TK Hang Tuah 18 Surabaya diperoleh nilai rata-rata 55% dengan keriteria kurang. Siklus I meningkat diperoleh hasil 67% dengan kriteria baik. Sedangkan kemampuan pada siklus II meningkat menjadi 81% dengan kriteria sangat baik. Ini sudah sesuai dengan perkembangan kognitif pada anak usia 4-5 tahun yaitu kemampuan kognitif anak sudah lebih sempurna. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa metode bermain matematika dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Hang Tuah 18 Surabaya. Di sarankan agar guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif sehingga anak tidak merasa bosan dan kegiatan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorShari, DestitaNIDN0716129002destita@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Bermain Matematika, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 08:00
Last Modified: 12 Apr 2023 04:45
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7206

Actions (login required)

View Item View Item