OKTARINA, HENNY LESTARI
(2021)
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLE DI TK INKLUSI AURICA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Henny Lestari Oktarina, 2021. Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak
Berkebutuhan Khusus Dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan
Tradisional Engkle Di Tk Inklusi Aurica Surabaya. Penelitian Tindakan Kelas,
Program Studi S1 PG Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan Universitas Nahdatul Ulama Surabaya. Pembimbing Siti
Maimunah.S.Ag.,M.Pd.I
Penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, untuk
mencoba memberikan alternatif konsep berhitung yang lebih menarik melalui
permainan tradisional engkel, sebab dengan bermain Engkle anak tidak hanya
mengenal simbol bilangan saja, akan tetapi anak akan memahami konsep bilangan
dengan aktivitas bermain Engkle, Anak akan berhitung sambil meloncat. Tujuan
yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui penerapan permainan tradisional
Engkle bisa menjadi upaya meningkatkan kemampuan kognitif pada anak
berkebutuhan khusus yang dilaksanakan di TK Inklusi Aurica Surabaya.
Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan kognitif
anak berkebutuhan khusus melalui permainan tradisonal Engklek di TK Inklusi
Aurica, Pra siklus pencapaian nilai Prosentase sebesar 39% dengan kriteria anak
Mulai Berkembang (MB). Pada siklus I pencapaian nilai Prosentase sebesar 67%
dengan kriteria anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan pada siklus ke II
pencapaian nilai Prosentase sebesar 88% dengan kriteria anak Berkembang Sangat
Baik (BSB).
Simpulan dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus
dan telah dipaparkan di atas adalah bahwa upaya meningkatkan kemampuan
kognitif melalui media bermain Engkle pada kelompok B di TK Inklusi Aurica
Surabaya terjadi peningkatan. Dan saran yang disampaikan untuk guru agar lebih
inovatif dengan metode yang menarik
Actions (login required)
|
View Item |