UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLE DI TK INKLUSI AURICA

OKTARINA, HENNY LESTARI (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLE DI TK INKLUSI AURICA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210069_abstract.pdf

Download (484kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29339.html

Abstract

Henny Lestari Oktarina, 2021. Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Tradisional Engkle Di Tk Inklusi Aurica Surabaya. Penelitian Tindakan Kelas, Program Studi S1 PG Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdatul Ulama Surabaya. Pembimbing Siti Maimunah.S.Ag.,M.Pd.I Penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, untuk mencoba memberikan alternatif konsep berhitung yang lebih menarik melalui permainan tradisional engkel, sebab dengan bermain Engkle anak tidak hanya mengenal simbol bilangan saja, akan tetapi anak akan memahami konsep bilangan dengan aktivitas bermain Engkle, Anak akan berhitung sambil meloncat. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui penerapan permainan tradisional Engkle bisa menjadi upaya meningkatkan kemampuan kognitif pada anak berkebutuhan khusus yang dilaksanakan di TK Inklusi Aurica Surabaya. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak berkebutuhan khusus melalui permainan tradisonal Engklek di TK Inklusi Aurica, Pra siklus pencapaian nilai Prosentase sebesar 39% dengan kriteria anak Mulai Berkembang (MB). Pada siklus I pencapaian nilai Prosentase sebesar 67% dengan kriteria anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan pada siklus ke II pencapaian nilai Prosentase sebesar 88% dengan kriteria anak Berkembang Sangat Baik (BSB). Simpulan dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus dan telah dipaparkan di atas adalah bahwa upaya meningkatkan kemampuan kognitif melalui media bermain Engkle pada kelompok B di TK Inklusi Aurica Surabaya terjadi peningkatan. Dan saran yang disampaikan untuk guru agar lebih inovatif dengan metode yang menarik

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaimunah, SitiNIDN0701027003maimunah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Anak Berkebutuhan Khusus, Permainan Tradisional Engkle
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 08:30
Last Modified: 19 Jan 2022 08:30
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7223

Actions (login required)

View Item View Item