WAHYUNINGSIH, MAMIK
(2021)
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF AWAL WARNA MENGGUNAKAN MEDIA POM POM PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT BINTANG KEJORA KECAMATAN TEGALSARI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Wahyuningsih, Mamik. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Awal
Menggunakan Media Pom Pom Pada Anak Usia 3-4 Tahun di PPT Bintang
Kejora Tegalsari Surabaya. Tesis. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Latar belakang penelitian ini dengan adanya permasalahan anak di PPT Bintang
Kejora Tegalsari Surabaya terdapat Enam anak yang mengalami kesulitan dalam
megingat nama warna dan mengenal simbol huruf awal warna, maka anak
kelompok usia 3-4 tahun di Bintang Kejora di Kecamatan Tegalsari lebih dari
50% mengalami kesulitan dalam mengenal keaksaraan awal. Tujuan Penelitian
ini untuk mengevaluasi cara meningkatkan kemampuan mengenal huruf awal
warna pada anak usia 3-4 tahun dengan menerapkan media pom-pom sebagai alat
main yang menyenangkan bagi anak. Metode penelitian yang dipakai adalah
penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang yaitu
siklus I dan siklus II. Disetiap siklus yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak
usia 3-4 tahun sejumlah 9 anak pada kelompok B1 Tahun Pelajaran 2021/2022.
Hasil penelitian ini berdasarkan teknik pengumpulan data melalui observasi dan
dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan mengenal huruf awal anak kelompok
B1 di PPT Bintang Kejora pada tahap pra siklus dengan prosentase 19,4%, Siklus
I 47% dan 76,5% pada siklus II. Simpulan secara umum, penelitian yang
dilakukan untuk mengevaluasi cara meningkatkan kemampuan mengenal huruf
awal anak usia 3-4 tahun dengan menerapkan media pom-pom kategori baik.
Actions (login required)
|
View Item |