UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF AWAL WARNA MENGGUNAKAN MEDIA POM POM PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT BINTANG KEJORA KECAMATAN TEGALSARI SURABAYA

WAHYUNINGSIH, MAMIK (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF AWAL WARNA MENGGUNAKAN MEDIA POM POM PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT BINTANG KEJORA KECAMATAN TEGALSARI SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210070_abstract.pdf

Download (311kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29366.html

Abstract

Wahyuningsih, Mamik. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Awal Menggunakan Media Pom Pom Pada Anak Usia 3-4 Tahun di PPT Bintang Kejora Tegalsari Surabaya. Tesis. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Latar belakang penelitian ini dengan adanya permasalahan anak di PPT Bintang Kejora Tegalsari Surabaya terdapat Enam anak yang mengalami kesulitan dalam megingat nama warna dan mengenal simbol huruf awal warna, maka anak kelompok usia 3-4 tahun di Bintang Kejora di Kecamatan Tegalsari lebih dari 50% mengalami kesulitan dalam mengenal keaksaraan awal. Tujuan Penelitian ini untuk mengevaluasi cara meningkatkan kemampuan mengenal huruf awal warna pada anak usia 3-4 tahun dengan menerapkan media pom-pom sebagai alat main yang menyenangkan bagi anak. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang yaitu siklus I dan siklus II. Disetiap siklus yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun sejumlah 9 anak pada kelompok B1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini berdasarkan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan mengenal huruf awal anak kelompok B1 di PPT Bintang Kejora pada tahap pra siklus dengan prosentase 19,4%, Siklus I 47% dan 76,5% pada siklus II. Simpulan secara umum, penelitian yang dilakukan untuk mengevaluasi cara meningkatkan kemampuan mengenal huruf awal anak usia 3-4 tahun dengan menerapkan media pom-pom kategori baik.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSunanto, SunantoNIDN0731128404alif30@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan, Kemampuan, huruf awal, menggunakan media
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 08:35
Last Modified: 12 Apr 2023 04:50
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7226

Actions (login required)

View Item View Item