MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI VIDEO CALL DENGAN MEDIA KARTU PINTAR SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BINA MASTRA EMBONG KALIASIN GENTENG SURABAYA

RATNAIRAFI, RATNAIRAFI (2021) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI VIDEO CALL DENGAN MEDIA KARTU PINTAR SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BINA MASTRA EMBONG KALIASIN GENTENG SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210075_abstract.pdf

Download (835kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29396.html

Abstract

Ratnairafi. 2021. “Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Video Call Dengan Media Kartu Pintar Selama Pandemi Covid-19 Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Bina Mastra Embong Kaliasin Genteng Surabaya”. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Meningkatkan keterampilan berbicara sangat penting bagi anak-anak, dengan pembelajaran melalui media video call dengan media kartu pintar diharapkan dapat melatih pendengaran, bahasa dan daya ekspresi anak usia 4-5 tahun.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun melalui Video Call dengan media kartu pintar. Penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas, subjek 15 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, analisis data yang digunakan adalah persentase. Hasil penelitian terlihat dari rata-rata persentase peningkatan dari Pra siklus menunjukkan nilai rata-rata persentase 25 % dengan kriteria Belum Berkembang, Siklus I menunjukkan perolehan nilai rata-rata persentase 35% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan. Pada siklus II menunjukkan nilai rata-rata persentase 76% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik. Kesimpulan penelitian ini bahwa melalui video call dengan media kartu pintar dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Bina Mastra Surabaya terlihat pada siklus II tingkat pencapaiannya ≥75% (Berkembang Sangat Baik). Disarankan bagi anak agar anak dapat memanfaatkan pembelajaran video call dengan media kartu pintar untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pengembangan kosa kata. Disarankan dalam proses pembelajaran jarak jauh, guru dapat memanfaatkan video call dengan media kartu pintar sebagai metode untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaimunah, SitiNIDN0701027003maimunah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara, media kartu pintar
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 01:33
Last Modified: 12 Apr 2023 04:56
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7242

Actions (login required)

View Item View Item