FUADAH, ALIYA ZAHRO
  
(2021)
PENGARUH FAKTOR SOSIAL DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP PEMANFAATAN JASA PELAYANAN KESEHATAN (Studi di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Haji Surabaya).
    [Undergraduate Thesis]
  
  
  
  
  
    
  
    
      
      
    
  
  
    
  
  
    Abstract
    Berkembangnya  jumlah  rumah  sakit  menjadikan  masyarakat  memiliki banyak pilihan untuk memutuskan rumah sakit yang akan dipilihnya. Hal ini yang menjadi alasan kuat untuk rumah sakit harus memiliki suatu manajemen yang tepat. Jumlah  kunjungan  pasien  pada  tahun  2018  sebanyak  12.530  pasien,  pada  tahun 2019 sebanyak 10.770 pasien, dan pada tahun 2020 sebanyak 6.047 pasien. Hal ini menunjukkan adanya penurunan jumlah kunjungan pasien di Instalasi Rawat Jalan. Penelitian  ini  menggunakan  desain  penelitian  analitik  dengan  pendekatan cross  sectional.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  sebagai  pasien  di  Instalasi Rawat Jalan dengan sampel sebesar 97 responden dan pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Uji Regresi Logistik Biner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar penilaian responden terhadap faktor sosial dari 3 kategori menunjukkan sangat baik (42,3%) sedangkan sebagian  besar  penilaian  responden  terhadap  faktor  psikologis  dari  3  kategori menunjukkan  sangat  baik  (46,4%).  Hasil  analisis  data  menunjukkan  terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor sosial terhadap pemanfaatan jasa pelayanan kesehatan  yang  dinyatakan  dalam  nilai  signifikansi  0,016  dan  terdapat  pengaruh yang  signifikan  antara  faktor  psikologis  terhadap  pemanfaatan  jasa  pelayanan kesehatan yang dinyatakan dalam nilai signifikansi 0,037. Simpulan penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor sosial dan faktor psikologis terhadap pemanfaatan jasa pelayanan kesehatan. Rumah sakit diharapkan dapat meningkatkan strategi pemasaran dengan memahami faktor sosial dan faktor psikologis untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
  
  
  
  
  
    Actions (login required)
    
    
      
          | 
        View Item |