IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI ANTIKORUPSI MELALUI EKSTRAKURIKULER DAN PEMBIASAAN DI SEKOLAH DASAR

SARI, VINA KURNIA (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI ANTIKORUPSI MELALUI EKSTRAKURIKULER DAN PEMBIASAAN DI SEKOLAH DASAR. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210001_abstract.pdf

Download (478kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-28962.html

Abstract

Degradasi moral seperti korupsi seolah menjadi permasalahan bangsa dari tahun ke tahun. Korupsi yang dibiarkan akan berdampak pada karakter atau tingkah laku generasi muda. Pendidikan yang mengedepankan implementasi nilai-nilai antikorupsi perlu digalakkan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai antikorupsi melalui ekstrakurikuler dan pembiasaan. Penelitian menggunakan pendekatan studi kepustakaan atau library research. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif-kritis. Penelitian menekankan pada kemampuan untuk menganalisis dan menelaah sumber-sumber kepustakaan yang telah didapat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai antikorupsi melalui ekstrakurikuler dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang dapat membangun nilai kedisiplinan, tanggung jawab, dan kemandirian. Ekstrakurikuler pencak silat dapat membangun nilai kerja keras dan kedisiplinan. Ekstrakurikuler PMR dapat membangun nilai kepedulian. Ekstrakurikuler seni tari dapat membangun nilai kedisiplinan dan kerja keras. Implementasi nilai-nilai antikorupsi melalui pembiasaan dilaksanakan melalui program kantin kejujuran yang dapat membangun nilai kejujuran dan pembiasaan peduli lingkungan dapat membangun nilai kepedulian.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAkhwani, AkhwaniNIDN0719039101akhwani@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Antikorupsi, Ekstrakurikuler, Pembiasaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:50
Last Modified: 12 Apr 2023 07:59
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7329

Actions (login required)

View Item View Item