SARI, VINA KURNIA
(2021)
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI ANTIKORUPSI MELALUI EKSTRAKURIKULER DAN PEMBIASAAN DI SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Degradasi moral seperti korupsi seolah menjadi permasalahan bangsa dari tahun
ke tahun. Korupsi yang dibiarkan akan berdampak pada karakter atau tingkah laku
generasi muda. Pendidikan yang mengedepankan implementasi nilai-nilai
antikorupsi perlu digalakkan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis implementasi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai antikorupsi
melalui ekstrakurikuler dan pembiasaan. Penelitian menggunakan pendekatan
studi kepustakaan atau library research. Jenis penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif-kritis. Penelitian menekankan pada kemampuan untuk
menganalisis dan menelaah sumber-sumber kepustakaan yang telah didapat. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai antikorupsi melalui
ekstrakurikuler dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang dapat
membangun nilai kedisiplinan, tanggung jawab, dan kemandirian. Ekstrakurikuler
pencak silat dapat membangun nilai kerja keras dan kedisiplinan. Ekstrakurikuler
PMR dapat membangun nilai kepedulian. Ekstrakurikuler seni tari dapat
membangun nilai kedisiplinan dan kerja keras. Implementasi nilai-nilai
antikorupsi melalui pembiasaan dilaksanakan melalui program kantin kejujuran
yang dapat membangun nilai kejujuran dan pembiasaan peduli lingkungan dapat
membangun nilai kepedulian.
Actions (login required)
|
View Item |