AULIYAIRRAHMAH, ANNISA
(2021)
STUDI LITERATUR: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER INTEGRITAS SUB NILAI KEJUJURAN MELALUI PROGRAM KANTIN KEJUJURAN DI SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh karakter integritas sub nilai kejujuran
dikalangan para siswa sekolah dasar masih sangat rendah yang dapat di buktikan
dengan beberapa kasus yang ada. Tujuan penelitian ini untuk mendekripsikan
implementasi pendidikan karakter integritas melalui program kantin kejujuran di
sekolah dasar, kendala yang dihadapi dan upaya untuk mengatasi kendala
tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi
literatur/literature review. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
teknik dokumentasi berupa artikel pada google scholar. Analisis data
menggunakan model Miles, Hubermen yaitu data condensation, data display, dan
conclusing drawing/verifictoin. Uji keabsahan data yang digunakan pada
penelitian ini, adalah uji kredibilitas dan dependabilitas. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi pendidikan karakter integritas di
sekolah dasar dilaksanakan dengan 4 kegiatan yaitu kegiatan rutin, kegiatan
spontan, kegiatan keteladanan, dan pengondisian. serta 2 sistem yaitu sistem selfservice
dan
pelibatan
siswa.
Kedua,
kendala
yang
dihadapi
ialah
masih
terdapat
beberapa
siswa
yang
kesulitan
untuk
jujur,
adanya
selisih
pendapatan,
dan
belum
optimal
dalam
pelaksanaannya.
Ketiga,
upaya
yang
dilakukan untuk
mengatasinya
yaitu
dengan
memberikan
teguran,
pembinaan
dan
peningkatan
mutu
pelayanan
dan
manajemen pengelolaan. Saran bagi peneliti selanjutnya agar lebih
mengembangkan hasil penelitian tentang implementasi pendidikan karakter
integritas melalui kantin kejujuran di sekolah dasar dengan sumber data yang
berbeda guna memperbanyak hasil teori-teori tentang impelemntasi pendidikan
karakter melalui kantin kejujuran. sehingga apa yang diharapkan guru dan orang
tua bisa tercapai.
Actions (login required)
|
View Item |