PENERAPAN SOCK PUPPET DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI PPT KHARISMA KECAMATAN TEGALSARI KOTA SURABAYA

FATIMAH, IIN (2021) PENERAPAN SOCK PUPPET DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI PPT KHARISMA KECAMATAN TEGALSARI KOTA SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210103_abstract.pdf

Download (483kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-30276.html

Abstract

Fatimah, Iin. 2021. Penerapan Sock Puppet Dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di PPT Kharisma Kecamatan Tegalsari Kota Surabaya. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Latar Belakang anak usia dini dalam pengembangan karakter kecerdasan sosial dimasa pandemi covid 19 dirasa sangat penting, kendala yang terjadi saat ini adalah keterbatasan pergerakan ruang lingkup yang diatur oleh pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus covid-19. Sehingga yang terjadi pada anak usia dini,pencapaian perkembangan kecerdasan sosial seperti bermain dengan teman sebaya, berinteraksi, rasa empati kepada sesama dan rasa percaya diri dirasa kurang berkembang, Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi tingkat kecerdasan sosial anak usia dini setelah dilakukan penerapan sock puppet pada anak usia 3-4 tahun di PPT Kharisma Kecamatan Tegalsari Kota Surabaya. Metode Penelitian ini menggunakan pndekatan kuantitatif dengan rancangan Pre-Experimental design. Dengan menggunaan desain One-Group Pretest- Posttest Design. Jumlah sampel adalah 20 anak sebagai obyek penelitian pada kelompok B usia 3-4 tahun . Instrumren pengumpulan data pada penelitian ini, menggunakan lembar pengamatan di deskripsikan dan di analisis menggunaan statistik nonn parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang ditimbulkan dari penerapan sock puppet dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak usia dini di PPT Kharisma Tegalsari Kota Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata yang di peroleh antara sebelum dan sesudah pelaksanaan penerapan bercerita melalui sock puppet Kesimpulan secara umum, adanya peningkatan yang ditimbulkan dari penerapan sock puppet dalam mengembangkan kecerdasan sosial melalui bercerita menggunakan media sock puppet sehingga anak mampu mengembangkan aspek kecerdasan sosial yang meliputi keterampilan berkomunikasi, sikap empati pada anak usia dini, dapat mengatasi masalah sederhana. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rat-rata yang di peroleh antara antara sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan penerapan soc puppet dalam setiap aspek kecedrdasan social

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMachmudah, MachmudahNIDN0712037401machmudah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media,Sock puppet , Kecerdasan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:11
Last Modified: 12 Apr 2023 05:10
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7344

Actions (login required)

View Item View Item