LESTARI, NOVITA DIAN DWI
(2021)
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENGHAMBAT BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk
kesulitan yang dihadapi siswa Kelas I di SDN Sawohan 1 Buduran Sidoarjo yang
menghambat belajar membaca permulaan. Penelitian ini termasuk penelitian
observasional. Penelitian ini mendiskripsikan tentang faktor-faktor yang
menghambat belajar membaca permulaan pada Siswa Kelas I SDN Sawohan 1
Buduran Sidoarjo.
Teknik pengumpulan data, menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif setelah terlebih
dahulu direduksi (data reduction), dan diuji keabsaannya melalui uji kredibilitas
data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kesulitan yang
dihadapi siswa Kelas I SDN Sawohan 1 Buduran Sidoarjo yang berpotensi
menghambat belajar membaca permulaan adalah sebagai berikut: 1) siswa sulit
membaca abjad dengan lafal yang tepat, siswa sulit menunjukkan dan
menyebutkan huruf vokal, siswa sulit menunjukkan dan menyebutkan huruf
konsonan, siswa sulit menyebutkan beberapa bunyi gabungan huruf vokal dan
konsonan, siswa sulit mengeja suku kata yang diinstruksikan, 2) faktor–faktor
yang menghambat Siswa dalam Kesulitan Membaca Permulaan pada siswa Kelas
I SDN Sawohan 1 Buduran Sidoarjo adalah faktor intelektual, faktor fisiologis,
faktor lingkungan termasuk orang tua, dan faktor psikologis. Solusinya orang tua
harus benar-benar mendampingi anak-anaknya pada saat belajar serta guru
berinovasi dalam pembelajaran seperti menggunakan media dan metode yang
cocok untuk belajar membaca permulaan.
Actions (login required)
|
View Item |