ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENGHAMBAT BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

LESTARI, NOVITA DIAN DWI (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENGHAMBAT BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210006_abstract.pdf

Download (359kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29018.html

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesulitan yang dihadapi siswa Kelas I di SDN Sawohan 1 Buduran Sidoarjo yang menghambat belajar membaca permulaan. Penelitian ini termasuk penelitian observasional. Penelitian ini mendiskripsikan tentang faktor-faktor yang menghambat belajar membaca permulaan pada Siswa Kelas I SDN Sawohan 1 Buduran Sidoarjo. Teknik pengumpulan data, menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif setelah terlebih dahulu direduksi (data reduction), dan diuji keabsaannya melalui uji kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kesulitan yang dihadapi siswa Kelas I SDN Sawohan 1 Buduran Sidoarjo yang berpotensi menghambat belajar membaca permulaan adalah sebagai berikut: 1) siswa sulit membaca abjad dengan lafal yang tepat, siswa sulit menunjukkan dan menyebutkan huruf vokal, siswa sulit menunjukkan dan menyebutkan huruf konsonan, siswa sulit menyebutkan beberapa bunyi gabungan huruf vokal dan konsonan, siswa sulit mengeja suku kata yang diinstruksikan, 2) faktor–faktor yang menghambat Siswa dalam Kesulitan Membaca Permulaan pada siswa Kelas I SDN Sawohan 1 Buduran Sidoarjo adalah faktor intelektual, faktor fisiologis, faktor lingkungan termasuk orang tua, dan faktor psikologis. Solusinya orang tua harus benar-benar mendampingi anak-anaknya pada saat belajar serta guru berinovasi dalam pembelajaran seperti menggunakan media dan metode yang cocok untuk belajar membaca permulaan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIbrahim, MusliminNIDN8902600020musliminibrahim@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Membaca, Membaca Permulaan, Siswa Kelas I, Faktor penghambat.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:14
Last Modified: 12 Apr 2023 08:01
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7348

Actions (login required)

View Item View Item