RAFIKASARI, FITRIANI
(2021)
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM).
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan pembelajaran
PAI melalui pendekatan PAKEM. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yakni
dengan melakukan penelitian Kuantitatif. Penelitian ini mendiskripsikan bahwa pada
umumnya siswa Indonesia adalah kontekstual, juga para siswa sangat beragam baik gaya
belajar, minat, dan tingkat motivasinya. Oleh karena itu perlu ditemukan keefektifan
pendekatan pembelajaran yang dapat mengakomodasi keberagaman siswa di dalam kelas.
Salah satu model pendidikan yang mengasyikkan serta mengaktifkan peserta didik
merupakan pembelajaran PAKEM.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi:
observasi, pemberian tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Keterlaksanaan pembelajaran Agama Islam di Sekolah Dasar menggunakan pendekatan
PAKEM dapat dikatakan 100% terlaksana. Peneliti meneliti pembelajaran menggunakan
instrument keterlaksanaan pembelajaran sehingga diperoleh skor 100%.
Keefektifan pembelajaran Agama Islam di Sekolah Dasar menggunakan
PAKEM dapat dilihat dari hasil belajar siswa yaitu pretest dan postest. Data hasil pretest
menunjukkan sebanyak 26 siswa yang tuntas dengan skor siswa sebesar >75% dan 3
siswa yang tidak tuntas dengan skor siswa sebesar <75%. Nilai ketuntasan kelas pada
pretest sebesar 89,7%. Sedangkann Nilai ketuntasan siswa hasil postest menunjukkan
sebanyak 28 siswa yang tuntas dengan skor siswa sebesar >75% dan 1 siswa yang tidak
tuntas dengan skor siswa sebesar <75%. Nilai ketuntasan kelas pada postest sebesar
96,5%. Pembelajaran Agama Islam Melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif,
Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) ini sangat efektif, sebab nilai ketuntasan kelas
telah mencapai minimal 75%.
Berdasarkan hasil wawancara dari Bpk. H. Fatchur Rochman, S.Pd.i, selaku guru
kelas II mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mengatakan bahwa tidak ada kesulitan
atau tidak ada hambatan saat mengajar dengan menggunakan metode PAKEM,
dikarenakan pembelajarannya sangat menyenangkan
Actions (login required)
|
View Item |