KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM)

RAFIKASARI, FITRIANI (2021) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM). [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210007_abstract.pdf

Download (866kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29028.html

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan pembelajaran PAI melalui pendekatan PAKEM. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yakni dengan melakukan penelitian Kuantitatif. Penelitian ini mendiskripsikan bahwa pada umumnya siswa Indonesia adalah kontekstual, juga para siswa sangat beragam baik gaya belajar, minat, dan tingkat motivasinya. Oleh karena itu perlu ditemukan keefektifan pendekatan pembelajaran yang dapat mengakomodasi keberagaman siswa di dalam kelas. Salah satu model pendidikan yang mengasyikkan serta mengaktifkan peserta didik merupakan pembelajaran PAKEM. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: observasi, pemberian tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterlaksanaan pembelajaran Agama Islam di Sekolah Dasar menggunakan pendekatan PAKEM dapat dikatakan 100% terlaksana. Peneliti meneliti pembelajaran menggunakan instrument keterlaksanaan pembelajaran sehingga diperoleh skor 100%. Keefektifan pembelajaran Agama Islam di Sekolah Dasar menggunakan PAKEM dapat dilihat dari hasil belajar siswa yaitu pretest dan postest. Data hasil pretest menunjukkan sebanyak 26 siswa yang tuntas dengan skor siswa sebesar >75% dan 3 siswa yang tidak tuntas dengan skor siswa sebesar <75%. Nilai ketuntasan kelas pada pretest sebesar 89,7%. Sedangkann Nilai ketuntasan siswa hasil postest menunjukkan sebanyak 28 siswa yang tuntas dengan skor siswa sebesar >75% dan 1 siswa yang tidak tuntas dengan skor siswa sebesar <75%. Nilai ketuntasan kelas pada postest sebesar 96,5%. Pembelajaran Agama Islam Melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) ini sangat efektif, sebab nilai ketuntasan kelas telah mencapai minimal 75%. Berdasarkan hasil wawancara dari Bpk. H. Fatchur Rochman, S.Pd.i, selaku guru kelas II mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mengatakan bahwa tidak ada kesulitan atau tidak ada hambatan saat mengajar dengan menggunakan metode PAKEM, dikarenakan pembelajarannya sangat menyenangkan

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIbrahim, MusliminNIDN8902600020musliminibrahim@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, PAKEM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:18
Last Modified: 12 Apr 2023 08:02
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7350

Actions (login required)

View Item View Item