PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI RA ASSALAM KECAMATAN KARANG PILANG SURABAYA

SYARIFAH, ALIYATUS (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI RA ASSALAM KECAMATAN KARANG PILANG SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210030_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29087.html

Abstract

Keluarga adalah lingkungan pertama yang menuntut anak supaya mampu menyesuaikan diri dengan baik sejalan dengan usia dan kematangannya. Di dalam keluarga, orang tua memiliki peran besar dalam memberi pengaruh pada pendidikan anak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan penulis kepada orang tua yang kurang memberikan perhatian pada perkembangan sosial emosional anak, kaerena orang tua bekerja dan menitipkan anaknya pada pengasuh dan neneknya. Sehingga menyebabkan banyak anak yang mengalami masalah psikologis seperti anak yang bersikap nakal, tidak mau berbagi mainan, mencari perhatian orang, murung, mengganggu teman, dan sebagainya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Kelompok B Di RA Assalam Kecamatan Karang Pilang Kota Surabaya?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “peran orang tua dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional pada anak Kelompok B di RA Assalam Kecamatan Karang Pilang Kota Surabaya”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa orang tua yang berperan dalam perkembangan sosial emosional anak adalah orang tua membimbing, mengarahkan, memberi aturan, memberi kesempatan, memberikan batasan, memberikan reward dan sanjungan, serta pujian ketika anak berprestasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran yang diberikan orang tua dan guru berpengaruh besar terhadap perkembangan sosial emosional anak. Oleh karena itu orang tua dan guru harus menjalin kerja sama yang baik agar semua aspek perkembangan anak berkembang dengan optimal.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorShodiq, M.NIDN0728106304sdqbluru@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Perkembangan Sosial Emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:38
Last Modified: 20 Jan 2022 04:38
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7360

Actions (login required)

View Item View Item