PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS II DI SDN 266 GRESIK

UMMAH, FITHROTUL (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS II DI SDN 266 GRESIK. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210011_abstract.pdf

Download (230kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29098.html

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model Pembelajaran Picture and Picture berbantu Media Audio Visual. Penelitian menggunakan metode eksperimen dan rancangannya menggunakan quasi experiment dengan nonequivalent group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dan pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes preetest posttest. Adapun uji data menggunakan uji kolmogrov Smirnov, dan uji hipotesis menggunakan uji t-test. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran picture and picture dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvesional. Hasil penelitian menunjukan: Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 87.14. Hasil belajar siswa pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 66.36. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan Kelas kontrol dengan taraf signifikan 0.00 < 0.05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 87,14 sudah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70. Hasil belajar siswa di kelas kontrol dengan nilai rata-rata 66,36 sebagian sudah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70. ada perbedaan hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dimana kelompok eksperimen nilai rata-rata 87,14 kelompok kontrol nilai rata-rata 66,36. Berdasarkan hasil belajar siswa dari kedua kelompok diatas dihitung dari nilai rata-rata yang didapat dari kelas eksperimen kemudian dikurangi dari nilai rata-rata kelas kontrol dan mendapatkan nilai yang meningkat sebesar 20,78%. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat saran yang disampaikan sebagai berikut: Guru mempersiapkan model pembelajaran yang menarik untuk peserta didik, diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran picture and picture berbantu media audio visual pada pembelajaran karena siswa menyukai pembelajaran menggunakan gambar.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRahayu, Dewi WidianaNIDN0715108901dewiwidiana@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:34
Last Modified: 12 Apr 2023 08:04
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7361

Actions (login required)

View Item View Item