PRASTICA, YUNITA
(2021)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV DI SDN KEDUNGBANTENG SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar mata pelajaran matematika
siswa yang masih rendah. Hal itu terjadi karena kurangnya variasi media
pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran masih kurang. Karena itu,
peneliti berupaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa
dengan menggunakan media video pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kedungbanteng Sidoarjo ini
bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar matematika siswa sebelum
digunakan media video pembelajaran, (2) hasil belajar matematika siswa sesudah
digunakan media video pembelajaran, dan (3) ada atau tidaknya pengaruh media
video pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas
IV SDN Kedungbanteng Sidoarjo.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode One-Group
Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN
Kedungbanteng Sidoarjo yang berjumlah 31 siswa. Jumlah sampel ditentukan
dengan teknik sampel jenuh, artinya seluruh anggota populasi dijadikan sampel
penelitian. Variabel penelitian ini adalah penggunaan media video pembelajaran
sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Data
penelitian ini adalah hasil tes mata pelajaran matematika sebelum dan sesudah
menggunakan video pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik tes yang dibedakan atas pre-test dan post-test. Teknik analisis yang
digunakan adalah uji paired sample t-test. Uji prasyarat analisis berupa uji
normalitas dan homogenitas. Teknik analisis dan uji prasyarat analisis
menggunakan program komputer SPSS versi 25.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut ini. Pertama, hasil
belajar matematika siswa sebelum digunakan media video pembelajaran di kelas
IV SDN Kedungbanteng Sidoarjo tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan
nilai rata-rata siswa 43,29. Kedua, hasil belajar matematika siswa sesudah
digunakan media video pembelajaran di kelas IV SDN Kedungbanteng Sidoarjo
tergolong tinggi. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa 87,94. Ketiga, ada
pengaruh yang signifikan dari penggunaan media video pembelajaran terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada kelas IV SDN
Kedungbanteng Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 <
0,05. Dengan kata lain, H1 diterima dan H0 ditolak.
Actions (login required)
|
View Item |