PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV DI SDN KEDUNGBANTENG SIDOARJO

PRASTICA, YUNITA (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV DI SDN KEDUNGBANTENG SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210014_abstract.pdf

Download (558kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29139.html

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar mata pelajaran matematika siswa yang masih rendah. Hal itu terjadi karena kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran masih kurang. Karena itu, peneliti berupaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa dengan menggunakan media video pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kedungbanteng Sidoarjo ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar matematika siswa sebelum digunakan media video pembelajaran, (2) hasil belajar matematika siswa sesudah digunakan media video pembelajaran, dan (3) ada atau tidaknya pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN Kedungbanteng Sidoarjo. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kedungbanteng Sidoarjo yang berjumlah 31 siswa. Jumlah sampel ditentukan dengan teknik sampel jenuh, artinya seluruh anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Variabel penelitian ini adalah penggunaan media video pembelajaran sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah hasil tes mata pelajaran matematika sebelum dan sesudah menggunakan video pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang dibedakan atas pre-test dan post-test. Teknik analisis yang digunakan adalah uji paired sample t-test. Uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis dan uji prasyarat analisis menggunakan program komputer SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut ini. Pertama, hasil belajar matematika siswa sebelum digunakan media video pembelajaran di kelas IV SDN Kedungbanteng Sidoarjo tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa 43,29. Kedua, hasil belajar matematika siswa sesudah digunakan media video pembelajaran di kelas IV SDN Kedungbanteng Sidoarjo tergolong tinggi. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa 87,94. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada kelas IV SDN Kedungbanteng Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan kata lain, H1 diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayat, Muhammad ThamrinNIDN8858510016thamrin@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media video pembelajaran, Matematika, Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:46
Last Modified: 12 Apr 2023 08:05
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7369

Actions (login required)

View Item View Item