SILFIYAH, AFIFATUS
(2021)
PENGARUH PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I UPT SD NEGERI 266 GRESIK.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam membaca
yang masih kurang. Hal ini terjadi karena sebagian besar siswa kesulitan dalam
membaca. Karena itu, peneliti berupaya meningkatkan kemampuan membaca
siswa dengan menerapkan metode SAS dalam pembelajaran. Penelitian yang
dilaksanakan di kelas I UPT SD Negeri 266 Gresik ini bertujuan (1)
mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran metode SAS (Struktural Analitik
Sintetik) pada saat proses pembelajaran membaca permulaan, (2) mendeskripsikan
kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 sebelum menggunakan metode
SAS, (3) mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 dengan
menggunakan metode SAS, dan (4) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
penggunaan metode SAS terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I
di UPT SD Negeri 266 Gresik.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Regresi sederhana.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I UPT SD Negeri 266 Gresik
sebanyak 24 orang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik sampel
penuh atau sampel populasi. Variabel penelitian ini adalah penerapan motode SAS
sebagai variabel bebas dan kemampuan membaca permulaan sebagai variabel
terikat.
Data penelitian ini adalah hasil tes membaca siswa sebelum dan sesudah
menerapkan motode SAS. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat yang semula
siswanya masih dalam keterbatasan dari segi kelancaran, ketepatan lafal, intonasi,
keterampilan membaca, dan kejelasan suara setelah menerapkan metode SAS
terdapat adanya perbedaan yang signifikan dari hasil membaca siswa. Hal ini
dapat disimpulkan empat hal berikut ini. Pertama, Keterlaksanaan metode SAS
pada membaca permulaan siswa sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan RPP.
Kedua, kemampuan siswa kelas I sebelum menerapkan metode SAS tergolong
kurang karena nilai rata-rata siswa dalam satu kelas 53,575. Ketiga, kemampuan
siswa kelas I dengan menerapkan metode SAS tergolong baik karena nilai ratarata
kelas
82,97
Keempat, ada pengaruh yang signifikan penerapan metode SAS
terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di UPT SD Negeri 266
Gresik karena thitung 14,492 > ttabel 2.069. Dengan kata lain, H1 diterima dan H0
ditolak.
Actions (login required)
|
View Item |