PENGARUH PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I UPT SD NEGERI 266 GRESIK

SILFIYAH, AFIFATUS (2021) PENGARUH PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I UPT SD NEGERI 266 GRESIK. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210015_abstract.pdf

Download (501kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29140.html

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam membaca yang masih kurang. Hal ini terjadi karena sebagian besar siswa kesulitan dalam membaca. Karena itu, peneliti berupaya meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan menerapkan metode SAS dalam pembelajaran. Penelitian yang dilaksanakan di kelas I UPT SD Negeri 266 Gresik ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada saat proses pembelajaran membaca permulaan, (2) mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 sebelum menggunakan metode SAS, (3) mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 dengan menggunakan metode SAS, dan (4) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode SAS terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di UPT SD Negeri 266 Gresik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I UPT SD Negeri 266 Gresik sebanyak 24 orang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik sampel penuh atau sampel populasi. Variabel penelitian ini adalah penerapan motode SAS sebagai variabel bebas dan kemampuan membaca permulaan sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah hasil tes membaca siswa sebelum dan sesudah menerapkan motode SAS. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat yang semula siswanya masih dalam keterbatasan dari segi kelancaran, ketepatan lafal, intonasi, keterampilan membaca, dan kejelasan suara setelah menerapkan metode SAS terdapat adanya perbedaan yang signifikan dari hasil membaca siswa. Hal ini dapat disimpulkan empat hal berikut ini. Pertama, Keterlaksanaan metode SAS pada membaca permulaan siswa sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan RPP. Kedua, kemampuan siswa kelas I sebelum menerapkan metode SAS tergolong kurang karena nilai rata-rata siswa dalam satu kelas 53,575. Ketiga, kemampuan siswa kelas I dengan menerapkan metode SAS tergolong baik karena nilai ratarata kelas 82,97 Keempat, ada pengaruh yang signifikan penerapan metode SAS terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di UPT SD Negeri 266 Gresik karena thitung 14,492 > ttabel 2.069. Dengan kata lain, H1 diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGhufron, SyamsulNIDN0027096501syamsulghufron@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode SAS, Kemampuan Membaca Permulaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:50
Last Modified: 12 Apr 2023 08:06
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7371

Actions (login required)

View Item View Item