ANALISIS KEMAMPUAN MENGENAL KOSAKATA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AL FITHRAH TANAH KALI KEDINDING KENJERAN SURABAYA

SHAFITRI, NOVITA RETNO (2021) ANALISIS KEMAMPUAN MENGENAL KOSAKATA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AL FITHRAH TANAH KALI KEDINDING KENJERAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210029_abstract.pdf

Download (425kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29080.html

Abstract

Pentingnya penelitian ini dilakukan adalah untuk bahan pertimbangan bagi guru atau calon guru untuk memilih kegiatan yang tepat dalam mengenalkan kosakata pada anak didiknya dan sebagai bahan pertimbangan terhadap pelaksanaan proses pembelajaran, khususnya dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak dalam pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan anak dalam mengenal kosakata melalui pembelajaran daring di RA AL FITHRAH SURABAYA. Peneliti ini menggunakan metode penelitian deskriptif kulitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kelompok A usian (4 -5 ) tahun di RA Al Fithrah Tanah Kali Kedinding Kenjeran Surabaya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat di ketahui bahwa kemampuan mengenal kosakata pada anak usia 4-5 tahun di RA Al Fithrah Surabaya telah tercapai. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengenal kosakata pada anak usia 4-5 tahun pada siklus I anak yang sesuai harapan pada siklus I memperoleh persentase sebesar 43,25% dan meningkat pada siklus II menjadi 83,25% sesuai kriteria keberhasilan. Hal ini dikarenakan dalam pengenalan kosakata pada anak usia 4-5 tahun melalui pembelajaran daring dilakukan dengan menarik sehingga anak antusias dan kemampuan bahasa anak berkembang sangat baik.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamariyah, NurulNIDN0728017002nurulkamariyah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kosakata, perkembangan bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 05:00
Last Modified: 12 Apr 2023 03:18
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7377

Actions (login required)

View Item View Item