PUTHREE, AN NISA
(2021)
ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING (STUDI KUALITATIF PADA SISWA KELAS II SD AL-ISLAMIYAH SURABAYA).
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang faktor
penyebab rendahnya motivasi belajar siswa serta faktor penghambat dan
pendukung selama pembelajaran daring pada siswa kelas II SD Al Islamiyyah
Surabaya. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif setelah terlebih
dahulu direduksi (data reduction), dan diuji keabsahannya. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa rendah disebabkan oleh faktor internal
dan eksternal siswa. Faktor internal siswa meliputi kesehatan fisik dan mental.
Sedangkan faktor eksternal siswa adalah keadaan keluarga dan lingkungan di
rumah. Selain itu ada faktor penghambat selama pembelajaran daring yaitu
mengenai sarana prasarana yang belum tercukupi dan siswa mengalami kesulitan
dalam memahami materi belajar. Untuk faktor pendukungnya adalah harus
terciptanya kerja sama yang baik antara orang tua dan guru. Solusinya selama
pembelajaran daring ini orang tua harus memberikan pendampingan dalam
mengawasi masalah belajar anak, memberikan dukungan untuk belajar dengan
baik, serta guru harus bisa menciptakan pembelajaran yang menarik dengan
memanfaatkan media dan metode belajar yang tepat. Karena pembelajaran
daring merupakan pembelajaran dengan cara yang baru bagi siswa Sekolah
Dasar. Implikasi hasil penelitian ini adalah pentingnya peran orang tua dan guru
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring.
Actions (login required)
|
View Item |