ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING (STUDI KUALITATIF PADA SISWA KELAS II SD AL-ISLAMIYAH SURABAYA)

PUTHREE, AN NISA (2021) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING (STUDI KUALITATIF PADA SISWA KELAS II SD AL-ISLAMIYAH SURABAYA). [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210019_abstract.pdf

Download (351kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29163.html

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa serta faktor penghambat dan pendukung selama pembelajaran daring pada siswa kelas II SD Al Islamiyyah Surabaya. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif setelah terlebih dahulu direduksi (data reduction), dan diuji keabsahannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa rendah disebabkan oleh faktor internal dan eksternal siswa. Faktor internal siswa meliputi kesehatan fisik dan mental. Sedangkan faktor eksternal siswa adalah keadaan keluarga dan lingkungan di rumah. Selain itu ada faktor penghambat selama pembelajaran daring yaitu mengenai sarana prasarana yang belum tercukupi dan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi belajar. Untuk faktor pendukungnya adalah harus terciptanya kerja sama yang baik antara orang tua dan guru. Solusinya selama pembelajaran daring ini orang tua harus memberikan pendampingan dalam mengawasi masalah belajar anak, memberikan dukungan untuk belajar dengan baik, serta guru harus bisa menciptakan pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan media dan metode belajar yang tepat. Karena pembelajaran daring merupakan pembelajaran dengan cara yang baru bagi siswa Sekolah Dasar. Implikasi hasil penelitian ini adalah pentingnya peran orang tua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRahayu, Dewi WidianaNIDN0715108901dewiwidiana@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Faktor Penyebab, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran Daring.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 05:06
Last Modified: 19 Jan 2024 08:51
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7382

Actions (login required)

View Item View Item