NABELA, DIANA
(2021)
ANALISIS GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK BERPRESTASI SELAMA PANDEMI COVID-19 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD HANG TUAH 8 SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis gaya belajar peserta didik
berprestasi selama pandemi covid-19 dalam pembelajaran tematik di SD Hang
Tuah 8 Surabaya. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif
deskriptif. Teknik pengumpulan data dan instrument yang digunakan adalah
catatan lapangan, angket, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari
penelitian ini menunjukan bahwa gaya belajar peserta didik berprestasi di SD
Hang Tuah 8 Surabaya dalam pembelajaran tematik selama pandemi covid-19
mayoritas peserta didik berprestasi yang sering muncul pada saat pembelajaran
online adalah memilki gaya belajar visual. Terdapat karakteristik yang dapat
menggambarkan gaya belajar visual pada peserta didik berprestasi selama
pandemi covid-19 dalam pembelajaran tematik di SD Hang Tuah 8 Surabaya.
Selama peneliti melakukan observasi peserta didik berprestasi SD Hang Tuah 8
Surabaya dengan gaya belajar visual adalah akan lebih berkonsentrasi dengan
melihat catatan di buku daripada bertanya, lebih suka membaca daripada
dibacakan , lebih berkonsentrasi melihat buku pembelajaran, jika mengerjakan
tugas peserta didik meminta melihat instruksinya terlebih dahulu, membaca materi
pembelajaran sendiri, peserta didik mencatat poin-poin penting materi yang
disampaikan / hand out.
Actions (login required)
|
View Item |