KHOIRO, DINA MUTAALLIMATUL
(2021)
STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI AL-HIDAYAH SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar antara metode
pembelajaran role playing dengan demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan di MI AlHidayah
Sidoarjo pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tema 8 subtema 2
pembelajaran 3 dengan materi kegiatan ekonomi masyarakat. Penelitian menggunaka
nmetode eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Sampel dalam
penelitian berjumlah 28 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen I menggunakan
metode role playing 14 siswa dan kelas eksperimen II menggunakan metode
demonstrasi dengan 14 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan
awal (prestest) dan soal tes kemampuan akhir (posttest). Data dianalisis dengan
menggunakan analize descriptive statistics dan t-test dengan bantuan SPSS 16 for
window. Data terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil Penelitian
menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran
role playing sebesar 89,29, sementara rata-rata hasil belajar yang menggunakan
metode demonstrasi sebesar 82,86. Metode pembelajaran role playing lebih unggul
dari metode demonstrasi. Hasil uji t menunjukkan bahwa antara metode role playing
dengan demonstrasi sama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai
signifikansi 0,00. Terdapat perbedaan yang signifikan antara metode role playing
dengan demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajara IPS siswa di MI
Al-Hidayah Sidoarjo dengan nilai signifikansi 0,033.
Actions (login required)
|
View Item |