STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI AL-HIDAYAH SIDOARJO

KHOIRO, DINA MUTAALLIMATUL (2021) STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI AL-HIDAYAH SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210023_abstract.pdf

Download (574kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29175.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar antara metode pembelajaran role playing dengan demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan di MI AlHidayah Sidoarjo pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tema 8 subtema 2 pembelajaran 3 dengan materi kegiatan ekonomi masyarakat. Penelitian menggunaka nmetode eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian berjumlah 28 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen I menggunakan metode role playing 14 siswa dan kelas eksperimen II menggunakan metode demonstrasi dengan 14 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan awal (prestest) dan soal tes kemampuan akhir (posttest). Data dianalisis dengan menggunakan analize descriptive statistics dan t-test dengan bantuan SPSS 16 for window. Data terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran role playing sebesar 89,29, sementara rata-rata hasil belajar yang menggunakan metode demonstrasi sebesar 82,86. Metode pembelajaran role playing lebih unggul dari metode demonstrasi. Hasil uji t menunjukkan bahwa antara metode role playing dengan demonstrasi sama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,00. Terdapat perbedaan yang signifikan antara metode role playing dengan demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajara IPS siswa di MI Al-Hidayah Sidoarjo dengan nilai signifikansi 0,033.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAkhwani, AkhwaniNIDN0719039101akhwani@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Role Playing, Demonstrasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 05:56
Last Modified: 12 Apr 2023 08:09
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7394

Actions (login required)

View Item View Item