SUSANTI, YENI
(2021)
PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN DALAM PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RA INSAN MULIA NGAMPELSARI CANDI SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Susanti, Yeni. 2021. Pengaruh Video Pembelajaran Dalam Penanaman
Pendidikan Karaker Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19 Di RA
Insan Mulia Ngampelsari Candi Sidoarjo. Skripsi. Program Studi S1
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Pendidikan karakter harus ditanamkan sejak anak usia dini untuk memupuk
nilai-nilai kebaikan yang nantinya diharapkan dapat membentuk kepribadiannya.
Dalam situasi pandemi covid-19 saat ini mengharuskan pelaksanaan kegiatan
pembelajaran secara daring menjadi penghambat pemberian stimulasi penanaman
pendidikan karakter, dikarenakan proses pembelajaran tidak berjalan dengan
maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan video
pembelajaran dalam penanaman pendidikan karakter. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional didukung dengan teknik total
sampling dalam pemilihan sampel penelitian, sehingga diperoleh 55 responden
siswa kelompok TK A di RA Insan Mulia Ngampelsari Candi Sidoarjo. Teknik
pengambilan data berupa kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai signifikansi 0.006 < 0.05 dengan
total pengaruh 0.367 (dari nilai koefisien) dengan persentase sebesar 13.5%
sehingga dapat diartikan bahwa video pembelajaran berpengaruh pada penanaman
pendidikan karakter anak usia dini.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah video pembelajaran berpengaruh
positif terhadap peningkatan pendidikan karakter anak usia dini di RA Insan
Mulia Ngampelsari Candi Sidoarjo. Disarankan kepada sekolah dapat
memberikan pengarahan bagi pendidik dan orang tua terkait penerapan video
pembelajaran dalam penanaman pendidikan karakter pada anak, agar menunjang
hasil pembelajaran yang lebih maksimal.
Actions (login required)
|
View Item |