MELATIH MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID 19 MELALUI GERAK DAN LAGU DI PPT HIJAU DAUN KECAMATAN SAWAHAN SURABAYA

MANUSAMA, ELA ROSANA (2021) MELATIH MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID 19 MELALUI GERAK DAN LAGU DI PPT HIJAU DAUN KECAMATAN SAWAHAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210022_abstract.pdf

Download (746kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29049.html

Abstract

Ela Rosana Manusama, 2021. Melatih Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid 19 Melalui Gerak Dan Lagu Di PPT Hijau Daun Kecamatan Sawahan Surabaya: Berdasarkan Penilaian anak. Deskriptif Kuantitatif Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Kegururan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing Berda Asmara, S.Pd., M.Pd. Di PPT Hijau Daun surabaya yang pada saat ini melakukan pembelajaran secara daring karena adanya penyebaran virus covid 19, tidak adanya pembelajaran yang meningkatkan gerakan motorik kasar anak. Melatih motorik kasar anak mempunyai peranan yang sangat penting bagi perkembangan anak agar mencapai hasil perkembangan anak yang maksimal. Stimulasi dari orang tua dan guru sangat dibutuhkan agar kemampuan motorik kasar anak berkembang sesuai dengan tahap pencapaian perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik kasar anak melalui metode gerak dan lagu di PPT Hijau Daun Sawahan Surabaya. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi penilaian anak, dikarenakan situasi Pandemi COVID-19 sehingga pembelajaran dilakukan melalui daring dan luring Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak kelompok B di PPT Hijau Daun Sawahan Surabaya, Presentase indikator terendah yaitu mundur ke belakang 2-5 lamgkah dengan presentase sebesar 30%, memutar pergelangan tangan sebesar 31%, lari ke depan 3-5 langkag sebesar 32%, mengangkat tangan ke atas sebesar 34%, menggelengkan kepala ke kanan dan ke kiri sebesar 36%, bertepuk tangan sebesar 48% . dari nilai keseluruhan mempunyai nilai rata-rata sebesar 211 dengan nilai presentase sebesar 62,79% dengan mencapai kemampuan anak berkembang sesuai harapan. Di harapkan penelitian ini dapat mengembangakan kemampuan motorik kasar anak melalui gerak dan lagu.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAsmara, BerdaNIDN0709058701asmaraberda@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: melatih motorik kasar, video pembelajaran, deskriptif kuantitatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:13
Last Modified: 20 Jan 2022 06:13
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7408

Actions (login required)

View Item View Item