PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA

MAULIDA, IMANIA FANI (2021) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210028_abstract.pdf

Download (847kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29197.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa melalui penerapan pendekatan contextual teaching and learning berbantuan media power point di SDN Menur Pumpungan IV Surabaya tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa-siswi SDN Menur Pumpungan IV Surabaya yang terdiri atas 25 siswa. Data penelitian tentang keaktifan belajar belajar dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Selain itu peneliti juga meneliti respon siswa setelah diterapkanya pembelajaran menggunakan pendekatan contextual teaching and learning berbantuan media power point. Data respon siswa didapatkan melalui angket yang dibagikan kepada siswa berupa google form. Siswa dapat dikatakan aktif jika hasil keaktifan belajar klasilkalnya mencapai ≥70%. Menurut hasil observasi keaktifan belajar klasikal siswa sebelum dilakukanya tindakan atau pra siklus diperoleh sebanyak 20% (1,75) dengan jumlah 5 siswa yang dikatakan aktif dan 20 siswa tidak aktif. Setelah itu peneliti melakukan tindakan siklus I dengan memperoleh hasil keaktifan belajar siswa sebanyak 56% (2,56) dengan jumlah 14 siswa yang aktif dan 11 siswa tidak aktif. Pada siklus II peneliti mengalami peningkatan hasil keaktifan siswa pada siklus II dengan memperoleh hasil 76% (3.24) dengan jumlah 19 siswa yangtif dan 11 siswa yang tidak aktif. Hasil keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 20%. Sehingga kriteria keberhasilan yang ditetapkan telah tercapai dan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan contextual teaching and learning berbantuan media power point dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di SDN Menur Pumpungan IV Surabaya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIbrahim, MusliminNIDN8902600020musliminibrahim@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar siswa, pendekatan contextual teaching and learning berbantuan media power point, SDN Menur Pumpungan IV Surabaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:36
Last Modified: 12 Apr 2023 08:17
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7422

Actions (login required)

View Item View Item