MAULIDA, IMANIA FANI
(2021)
PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa
melalui penerapan pendekatan contextual teaching and learning berbantuan media power point
di SDN Menur Pumpungan IV Surabaya tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang
digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek
penelitian ini yaitu siswa-siswi SDN Menur Pumpungan IV Surabaya yang terdiri atas 25
siswa. Data penelitian tentang keaktifan belajar belajar dikumpulkan dengan menggunakan
observasi dan wawancara. Selain itu peneliti juga meneliti respon siswa setelah diterapkanya
pembelajaran menggunakan pendekatan contextual teaching and learning berbantuan media
power point. Data respon siswa didapatkan melalui angket yang dibagikan kepada siswa berupa
google form.
Siswa dapat dikatakan aktif jika hasil keaktifan belajar klasilkalnya mencapai ≥70%.
Menurut hasil observasi keaktifan belajar klasikal siswa sebelum dilakukanya tindakan atau
pra siklus diperoleh sebanyak 20% (1,75) dengan jumlah 5 siswa yang dikatakan aktif dan 20
siswa tidak aktif. Setelah itu peneliti melakukan tindakan siklus I dengan memperoleh hasil
keaktifan belajar siswa sebanyak 56% (2,56) dengan jumlah 14 siswa yang aktif dan 11 siswa
tidak aktif. Pada siklus II peneliti mengalami peningkatan hasil keaktifan siswa pada siklus II
dengan memperoleh hasil 76% (3.24) dengan jumlah 19 siswa yangtif dan 11 siswa yang tidak
aktif. Hasil keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar
20%. Sehingga kriteria keberhasilan yang ditetapkan telah tercapai dan dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan contextual teaching and learning berbantuan
media power point dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di SDN Menur Pumpungan IV
Surabaya.
Actions (login required)
|
View Item |