ARHAMI, KHARISMA ULIL
(2021)
PENGARUH MEDIA CELENGAN SMART TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PRASUNG KOTA SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Arhami, Kharisma Ulil. 2021. Pengaruh Media Celengan Smart terhadap
Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma
Wanita Persatuan Prasung Kota Sidoarjo. Skripsi. Program Studi S1
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Keaksaraan awal sangat penting diterapkan sejak dini untuk mencetak
individu yang cerdas dalam bidang akademik, memiliki pola pikir kritis dan logis.
Selama ini pembelajaran literasi kurang berhasil maksimal karena tidak
tersedianya atau kurangnya media yang mendukung dalam pembelajaran tersebut,
sehingga anak menjadi cepat bosan, tidak fokus dan sering bergurau dengan
teman-temannya.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media
celengan smart terhadap kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun di TK
Dharma Wanita Persatuan Prasung Kota Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain
penelitian Pre-Experimental Designs dan bentuk One-Group Pretest-Posttest
Design. Jumlah sampel adalah 18 anak pada anak kelompok B usia 5-6 tahun di
TK Dharma Wanita Persatuan Prasung menggunakan teknik analisis data uji
normalitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tedapat perbedaan antara hasil pretest dan
posttest dengan nilai mean pretest lebih kecil dari nilai mean posttest
(9,61<16,78). Dalam uji Paired-Sample Test mengalami perubahan yang
signifikan yang mengakibatkan adanya pengaruh media celengan smart terhadap
kemampuan keaksaraan awal anak dengan perolehan nilai signifikansi sebesar
0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak.
Rekomendasi penelitian ini adalah menambah media pembelajaran yang
bermacam-macam dan bisa menggunakan sampel yang lebih banyak.
Actions (login required)
|
View Item |