PENGARUH MEDIA CELENGAN SMART TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PRASUNG KOTA SIDOARJO

ARHAMI, KHARISMA ULIL (2021) PENGARUH MEDIA CELENGAN SMART TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PRASUNG KOTA SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210013_abstract.pdf

Download (358kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29013.html

Abstract

Arhami, Kharisma Ulil. 2021. Pengaruh Media Celengan Smart terhadap Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Persatuan Prasung Kota Sidoarjo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Keaksaraan awal sangat penting diterapkan sejak dini untuk mencetak individu yang cerdas dalam bidang akademik, memiliki pola pikir kritis dan logis. Selama ini pembelajaran literasi kurang berhasil maksimal karena tidak tersedianya atau kurangnya media yang mendukung dalam pembelajaran tersebut, sehingga anak menjadi cepat bosan, tidak fokus dan sering bergurau dengan teman-temannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media celengan smart terhadap kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Prasung Kota Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-Experimental Designs dan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Jumlah sampel adalah 18 anak pada anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Prasung menggunakan teknik analisis data uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tedapat perbedaan antara hasil pretest dan posttest dengan nilai mean pretest lebih kecil dari nilai mean posttest (9,61<16,78). Dalam uji Paired-Sample Test mengalami perubahan yang signifikan yang mengakibatkan adanya pengaruh media celengan smart terhadap kemampuan keaksaraan awal anak dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Rekomendasi penelitian ini adalah menambah media pembelajaran yang bermacam-macam dan bisa menggunakan sampel yang lebih banyak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAsmara, BerdaNIDN0709058701asmaraberda@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media, Celengan Smart, Kemampuan Keaksaraan Awal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:47
Last Modified: 20 Jan 2022 06:47
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7430

Actions (login required)

View Item View Item