MAULIDIYYAH, AISYAH NUR AFIFAH
(2021)
PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK INTERAKTIF PERMAINAN DAKON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa dalam konsep pembelajaran penjumlahan dan
pengurangan pada pembelajaran Matematika khususnya untuk kelas 1 di Sekolah
Dasar masih kurang optimal. Hal ini salah satu faktor penyebabnya adalah
kurangnya materi pembelajaran matematika yang dikembangkankan oleh para
guru, serta tidak banyak guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran
sehingga siswa kurang aktif dalam menanggapi pembelajaran Matematika yang
berlangsung. Penelitian ini dimaksudkan untuk merancang media pembelajaran
yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika
melalui media pengemmbangan e-book interaktif permainan dakon. Rumusan
masalah ini adalah bagaimana Bagaimana proses pengembangan Media E-Book
Interaktif permainan Dakon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa
Sekolah Dasar dan Bagaimana kelayakan pengembangan Media E-Book Interaktif
Permainan Dakon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah
Dasar, penelitian ini menggunakan metode pengembangan R&D hanya pada level
1 dengan tahapan pengumpulan potensi dan masalah, studi literatur dan
pengumpulan nformasi, desain produk, validasi desain, dan desain teruji. Dengan
hasil uji validasi ahli bahasa presentase kelayakan 85% dinyatakan sangat layak
untuk digunakan, kemudian uji validasi materi dengan presentase kelayakan 83%
juga dinyatakan sangat layak digunakan, dan yang terakhir adalah uji skala
empiris dengan presentase kelayakan sebesar 86% menandakan bahwa media ebook
interaktif
siswa
permainan
dakon
sangat
layak untuk
digunakan.
Actions (login required)
|
View Item |