INDAH, NUR
(2021)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE PERMAINAN PANCING ANGKA DI RA INSAN MADANI PACARKEMBANG TAMBAKSARI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Anak usia ini sangat peka dengan apa yang mereka lihat,
kecenderungan cara belajar mereka adalah see and say atau melihat dan
mengucapkan, begitu juga cara belaj ar berhitung mereka, bermula dari
melihat kemudian mengolahnya melalui kognisi mereka. Namun, banyak
anak AUD 4-5 tahun di RA. Insan Madani Tambaksari Surabaya belum
dapat mengenal angka secara benar dalam hal membilang, menunjuk dan
membandingkan lambang-lambang angka tersebut. Peneliti menggunakan
permainan pancing angka sebagai media altematif meningkatkan
kemampuan mengenal angka pada anak usia 4-5 tahun di RA. Insan Madani.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK atau
penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus
terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian
tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti ini dilaksanakan dengan teknik
home visit dengan tatap muka dengan para siswa di salah satu rumah
mereka, karena masa pandemi dan tidak memungkinkan di kelas. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi
sedangkan analisis yang digunakan adalah teknik prosentasi.
Hasil yang didapatkan pada siklus pertama pencapaian 26% dan
masuk kategori MB (Masih berkembang) atau cukup dan hams diulang pada
siklus kedua. Pada siklus kedua pencapaian yang didapatkan 60% dan
masuk kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) atau Baik. Adapun
kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan
pemahaman mengenal angka pada anak usia 4- 5 tahun melalui metode
permainan pancing angka di RA. Insan Madani Tambaksari Surabaya, dan
disarankan para guru untuk mengusahakan bertatap muka dengan siswa
walaupun home visit, dan dapat berkreasi menciptakan permainan
permainan edukatif bervarian, warna-warni dan menyenangkan.
Actions (login required)
|
View Item |