JOHANES, ANNEKE
(2021)
PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI KOLASE DENGAN KERTAS ORIGAMI DI PPT GOTONG ROYONG SIMOKERTO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Anneke Johanes 2020, Perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun melalui
kolase dengan kertas origami di PPT Gotong Royong Simokerto Surabaya.
Penelitian kualitatif dengan menggunakan format deskriptif program studi S1
pendidikan guru pada pendidikan anak usia dini fakultas ilmu pendidikan
Universitas Nadhlatul Ulama dengan pembimbing Nanang Rokhman Saleh, S.Ag.,
M.Tn.I.
Perkembangan motorik halus adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus
yang meliputi kemampuan menggunakan jari jemari dengan koordinasi mata dan
tangan, pengendalian gerak, ketepatan dan kecermatan. Perkembangan motorik
halus anak sangat diperlukan dalam proses tumbuh dan kembang anak.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui adanya perkembangan motorik
halus anak usia 3-4 tahun melalui kolase dengan kertas origami di PPT Gotong
Royong Simokerto Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif. Data dikumpulkan melalui obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Data
dianlisa secara kualitatif dengan menggunakan reduksi data-data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah 15 anak dari anak yang diteliti tentang
perkembangan motorik halus anak, dua anak berkembang sangat baik (BSB), 11
anak berkembang sesuai harapan (BSH), dan dua anak mulai berkembang (MB).
Penelitian ini bertujuan agar perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun
melalui kolase dengan kertas origami di PPT Gotong Royong Simokerto Surabaya
berkembang sesuai harapan (BSH).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa perkembangan motorik halus anak
usia 3-4 tahun di PPT Gotong Royong Simokerto Surabaya berkembang sesuai
harapan (BSH), dimana anak mampu melaksanakan tugas perkembangan sesuai
dengan Tingkat Pencapaian dan Perkembangan Anak dalam motorik halus anak
yang ada di kurikulum 2013 STPPA 137.
Actions (login required)
|
View Item |