LARASATI, LAILY PUTRI
(2021)
PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III UPT SD NEGERI 266 GRESIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Larasati, Laily Putri 2021. Penerapan Strategi Peta Konsep Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Kelas III UPT SD Negeri 266 Gresik Pada
Pembelajaran Tematik. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama
Surabaya. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Siti Maghfirotun Amin, M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini aitu untuk mendapatkan informasi mengenai
peningkaan hasil belajar siswa yang menerapkan strategi peta konsep pada
pembelajaran tematik Kelas III UPT SDN 266 Gresik. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang mana memaparkan dan
menggambarkan hasil penelitian yang dilakukan. Penelitian ini mendeksripsikan
tentang penerapan strategi peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa di
Kelas III UPT SDN 266 Gresik. Sedangkan indikator penelitian menunjukkan
adanya peningkatan hasil belajar siswa. Subyek dari penelitian ini siswa Kelas III
UPT SDN 266 Gresik semester genap tahun pelajaran 2020/2021, yang berjumlah
12 orang peserta didik. Hasil sebelum melaksanakan siklus I dan siklus II peneliti
memberikan tes pra silus dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan siswa
sebelum pembelajaran yang menerapkan strategi peta konsep. Pada tes pra siklus
jumlah siswa yang tuntas hanya 2 siswa (16%) dari 12 siswa dan yang tidak tuntas
ada 10 siwa (84%). Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 4 siswa (34%).
Sedangkan 8 siswa (66%) dinyatakan tidak tuntas dengan rata-rata 62,4%. Pada
siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata 80,5% dengan jumlah nilai yang tuntas
10 siswa (84%) dan siswa yang tidak tuntas ada 2 siswa (16%). Penelitian ini
dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan proses penelitian pada siklus
I pembelajaran dengan menerapkan strategi peta konsep dan siklus II merencanakan
bentuk tindakan berdasarkan hasil refleksi pada siklus I. Hal ini menggambarkan
bahwa penerapan strategi peta konsep meningkatkan hasil belajar siswa.
Actions (login required)
|
View Item |