PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III UPT SD NEGERI 266 GRESIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

LARASATI, LAILY PUTRI (2021) PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III UPT SD NEGERI 266 GRESIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210055_abstract.pdf

Download (524kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-30282.html

Abstract

Larasati, Laily Putri 2021. Penerapan Strategi Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III UPT SD Negeri 266 Gresik Pada Pembelajaran Tematik. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Siti Maghfirotun Amin, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini aitu untuk mendapatkan informasi mengenai peningkaan hasil belajar siswa yang menerapkan strategi peta konsep pada pembelajaran tematik Kelas III UPT SDN 266 Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang mana memaparkan dan menggambarkan hasil penelitian yang dilakukan. Penelitian ini mendeksripsikan tentang penerapan strategi peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas III UPT SDN 266 Gresik. Sedangkan indikator penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Subyek dari penelitian ini siswa Kelas III UPT SDN 266 Gresik semester genap tahun pelajaran 2020/2021, yang berjumlah 12 orang peserta didik. Hasil sebelum melaksanakan siklus I dan siklus II peneliti memberikan tes pra silus dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan siswa sebelum pembelajaran yang menerapkan strategi peta konsep. Pada tes pra siklus jumlah siswa yang tuntas hanya 2 siswa (16%) dari 12 siswa dan yang tidak tuntas ada 10 siwa (84%). Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 4 siswa (34%). Sedangkan 8 siswa (66%) dinyatakan tidak tuntas dengan rata-rata 62,4%. Pada siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata 80,5% dengan jumlah nilai yang tuntas 10 siswa (84%) dan siswa yang tidak tuntas ada 2 siswa (16%). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan proses penelitian pada siklus I pembelajaran dengan menerapkan strategi peta konsep dan siklus II merencanakan bentuk tindakan berdasarkan hasil refleksi pada siklus I. Hal ini menggambarkan bahwa penerapan strategi peta konsep meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAmin, Siti MaghfirotunNIDN8960100020amin@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Strategi Peta Konsep, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:12
Last Modified: 19 Jan 2024 09:00
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7449

Actions (login required)

View Item View Item