ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DARING DAN LURING SISWA SD NEGERI TAMBAK REJO KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO PADA MASA PANDEMI COVID-19

BADRIYAH, ISNA RUHAMAUL (2021) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DARING DAN LURING SISWA SD NEGERI TAMBAK REJO KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO PADA MASA PANDEMI COVID-19. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210034_abstract.pdf

Download (459kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29220.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi model pembelajaran daring dan luring di SD Negeri Tambak Rejo beserta kelebihan dan hambatan dalam penerapannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Data bersumber dari observasi, dokumentasi, dan hasil kuesioner terbuka guru dan siswa di SD Negeri Tambak Rejo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran daring di SD Negeri Tambak Rejo dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi belajar online seperti, whatasapp, google form, classroom, google meet, dan youtube. (2) Penerapan luring di SD Negeri Tambak Rejo menggunakan metode pengumpulan tugas ke sekolah dengan tetap berinteraksi melalui aplikasi whatsapp. (3) Kelebihan dari pembelajaran daring yang diimplementasikan SD Negeri Tambak Rejo adalah menambah wawasan guru terkait inovasi ketika mengajar secara daring menambah wawasan guru dalam pembuatan media pembelajaran. Sedangkan kelemahannya adalah kurangnya pendampingan orang tua selama pembelajaran daring, siswa kesulitan memahami pelajaran, siswa tidak dapat bertanya secara langsung pada guru, dan siswa kurang konsentrasi. (4) Kelebihan model pembelajaran luring di SD Negeri Tambak Rejo yakni dapat berinteraksi secara langsung, dan dapat memotivasi siswa secara langsung. Sedangkan kelemahanya adalah kurangnya antusiasme siswa, siswa kurang disiplin saat mengumpulkan tugas, dan keterbatasan kuota internet.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAkhwani, AkhwaniNIDN0719039101akhwani@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring, pembelajaran luring, pandemi covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:26
Last Modified: 12 Apr 2023 08:25
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7454

Actions (login required)

View Item View Item