BADRIYAH, ISNA RUHAMAUL
(2021)
ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DARING DAN LURING SISWA SD NEGERI TAMBAK REJO KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO PADA MASA PANDEMI COVID-19.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi model pembelajaran daring
dan luring di SD Negeri Tambak Rejo beserta kelebihan dan hambatan dalam
penerapannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif deskriptif. Data bersumber dari observasi, dokumentasi, dan hasil
kuesioner terbuka guru dan siswa di SD Negeri Tambak Rejo.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran daring
di SD Negeri Tambak Rejo dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi belajar
online seperti, whatasapp, google form, classroom, google meet, dan youtube. (2)
Penerapan luring di SD Negeri Tambak Rejo menggunakan metode pengumpulan
tugas ke sekolah dengan tetap berinteraksi melalui aplikasi whatsapp. (3)
Kelebihan dari pembelajaran daring yang diimplementasikan SD Negeri Tambak
Rejo adalah menambah wawasan guru terkait inovasi ketika mengajar secara
daring menambah wawasan guru dalam pembuatan media pembelajaran.
Sedangkan kelemahannya adalah kurangnya pendampingan orang tua selama
pembelajaran daring, siswa kesulitan memahami pelajaran, siswa tidak dapat
bertanya secara langsung pada guru, dan siswa kurang konsentrasi. (4) Kelebihan
model pembelajaran luring di SD Negeri Tambak Rejo yakni dapat berinteraksi
secara langsung, dan dapat memotivasi siswa secara langsung. Sedangkan
kelemahanya adalah kurangnya antusiasme siswa, siswa kurang disiplin saat
mengumpulkan tugas, dan keterbatasan kuota internet.
Actions (login required)
|
View Item |