FALAH, MUHAMMAD FAJRUL
(2021)
HUBUNGAN PERAN EDUKATOR PERAWAT DALAM DISCHARGE PLANNING DENGAN TINGKAT KAPATUHAN PERAWATAN PADA PASIEN DIABETES MELITUS (SYTEMATIC LITERATURE REVIEW).
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kepatuhan terhadap program perawatan sangat diperlukan bagi pasien diabetes melitus, namun masih banyak pasien yang tidak patuh terhadap perawatan atau pengobatan, padahal banyak dari mereka sudah di berikan edukasi oleh perawat tentang pentingnya kepatuhan perawatan melalui discharge planning. Tujuan dari penelitian untuk menganalisis hubungan peran educator perawat dalam discharge planning dengan tingkat kepatuhan perawatan pada pasien diabetes melitus. Desain penelitian menggunakan sytematic literature review, sumber yang digunakan empat database (Proquest, Scopus, Google Scholar, dan Garuda) untuk desain studi yang digunakan dalam literature review yaitu Cross sectional, Qualitaive research, Cohort, Case control,dan Quasi experiment yang diterbitkan dalam lima tahun terakhir. Protocol dan evaluasi dari literature review menggunakan daftar perikasa PRISMA Checklist untuk menentukan peyeleksian studi yang telah ditemukan dan disesuaikan dengan tujuan dari literature review. Dari artikel yang telah diteliti 10 artikel membuktikan perawat melaksanakan perannya sebagai educator perawat (100%). Tingkat kepatuhan pasien pada 10 artikel terdapat 1 artikel yang tidak patuh terahadap kepatuhan perawatan hampir seluruhnya (90%) pasien yang patuh terhadap program perawatan pada diabetes melitus. Maka hubungan peran edukator perawat dalam discharge planning dengan tingkat kepatuhan perawatan pasien diabetes melitus berpengaruh (80%) dari artikel yang telah di review. Pemberian edukasi perawat kepada pasien maupun keluarga pasien terbukti efektif dan berpotensi membawa perubahan yang signifikan serta bertahan lama, dan meningkatkan kepatuhan pasien diabetes program perawatan. Penting bagi perawat untuk memberikan pendidikan kesehatan sebagai komponen penting dalam discharge planing.
Actions (login required)
|
View Item |