SARI, NISA WAHYU DIKA MILA
  
(2021)
HUBUNGAN STRES AKIBAT PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI DENGAN SIKLUS MENSTRUASI MAHASISWI PRODI S1 KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN DAN KEBIDANAN UNUSA.
    [Undergraduate Thesis]
  
  
  
  
  
    
  
    
      
      
    
  
  
    
  
  
    Abstract
    Tuntutan kehidupan akademik dan kendala selama pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 membuat mahasiswi kelelahan fisik maupun mental yang dapat  memicu  terjadinya  stres.  Stres  melibatkan  sistem  neuroendokrinologi  yang dapat  memengaruhi  siklus  menstruasi.  Tujuan  penelitian  untuk  mengetahui hubungan  stres  akibat  pembelajaran  online  pada  masa  pandemi  dengan  siklus menstruasi  mahasiswi  prodi  S1  Keperawatan  Fakultas  Keperawatan  dan Kebidanan UNUSA. Desain penelitian analitik, pendekatan cross sectional. Populasi 46 mahasiswi angkatan  2017  prodi  S1  Keperawatan  yang  siklus  menstruasinya  normal,  jumlah sampel  41  mahasiswi.  Pengambilan  sampel  dengan  teknik  Simple  random sampling.  Variabel  independen  stres  akibat  pembelajaran  online  pada  masa pandemi  dan  variabel  dependen  siklus  menstruasi.  Penelitian  menggunakan kuesioner dan uji Chi Square dengan tingkat kemaknaan   = 0,05. Hasil  penelitian  menunjukkan  dari  41  responden,  hampir  setengahnya (43,9%)  responden  mengalami  tingkat  stres  ringan  dan  sebagian  besar  (61,0%) responden  mengalami  siklus  menstruasi  tidak  normal.  Hasil  uji  Chi  Square didapatkan    (0,000)       (0,05)  sehingga  H0  ditolak  atau  ada  hubungan  antara stres  akibat  pembelajaran  online  pada  masa  pandemi  dengan  siklus  menstruasi mahasiswi Prodi S1 Keperawatan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan UNUSA. Semakin  tinggi  tingkat  stres  maka  siklus  menstruasi  semakin  terganggu. Diharapkan mahasiswi mampu memanajemen stres agar tidak mengganggu siklus menstruasi
  
  
  
  
  
    Actions (login required)
    
    
      
          | 
        View Item |