SARI, NISA WAHYU DIKA MILA
(2021)
HUBUNGAN STRES AKIBAT PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI DENGAN SIKLUS MENSTRUASI MAHASISWI PRODI S1 KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN DAN KEBIDANAN UNUSA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Tuntutan kehidupan akademik dan kendala selama pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 membuat mahasiswi kelelahan fisik maupun mental yang dapat memicu terjadinya stres. Stres melibatkan sistem neuroendokrinologi yang dapat memengaruhi siklus menstruasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan stres akibat pembelajaran online pada masa pandemi dengan siklus menstruasi mahasiswi prodi S1 Keperawatan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan UNUSA. Desain penelitian analitik, pendekatan cross sectional. Populasi 46 mahasiswi angkatan 2017 prodi S1 Keperawatan yang siklus menstruasinya normal, jumlah sampel 41 mahasiswi. Pengambilan sampel dengan teknik Simple random sampling. Variabel independen stres akibat pembelajaran online pada masa pandemi dan variabel dependen siklus menstruasi. Penelitian menggunakan kuesioner dan uji Chi Square dengan tingkat kemaknaan = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan dari 41 responden, hampir setengahnya (43,9%) responden mengalami tingkat stres ringan dan sebagian besar (61,0%) responden mengalami siklus menstruasi tidak normal. Hasil uji Chi Square didapatkan (0,000) (0,05) sehingga H0 ditolak atau ada hubungan antara stres akibat pembelajaran online pada masa pandemi dengan siklus menstruasi mahasiswi Prodi S1 Keperawatan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan UNUSA. Semakin tinggi tingkat stres maka siklus menstruasi semakin terganggu. Diharapkan mahasiswi mampu memanajemen stres agar tidak mengganggu siklus menstruasi
Actions (login required)
|
View Item |