UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN ANAGRAM KELAS III SDI WACHID HASYIM SURABAYA

SARI, MAFTUHATUL ULUMIYAH KUMALA (2021) UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN ANAGRAM KELAS III SDI WACHID HASYIM SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210042_abstract.pdf

Download (297kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29832.html

Abstract

Latar belakang penelitian ini dengan adanya permasalahan siswa belum dapat menguasai kosakata bahasa indonesia sehingga siswa membutuhkan permainan anagram agar penguasaan bahasa indonesia lebih meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi upaya meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia dengan menggunakan permainan anagram pada siswa kelas III SDI Wachid Hasyim Surabaya. Metode penelitian data yang dipakai peneliti diperoleh dari penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang yaitu siklus I dan siklus II. Disetiap siklus yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDI wachid hasyim surabaya yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian ini berdasarkan teknik pengumpulan data melalui observasi dan soal tes, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif. Kemudian data dikumpulkan sehingga mendapatkan hasil akhir yang kategori sangat tinggi. Simpulan secara umum, penelitian yang dilakukan untuk menganalisis data upaya meningkatkan penguasaan kosakata siswa dengan menggunakan permainan anagram pada siklus I memperoleh data 4,17% siklus II memperoleh data 83,33% kemudian data dikumpulkan sehingga mendapatkan hasil akhir yang kategori sangat tinggi.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKasiyun, SuharmonoNIDN0719035301suharmono@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: penguasaan kosakata, permainan anagram SDI wachid hasyim surabaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:27
Last Modified: 12 Apr 2023 08:28
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7480

Actions (login required)

View Item View Item