MAGHFIROH, FADHILAH LAILATUL
(2021)
KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI UPT SDN 106 GRESIK.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
PMRI merupakan pendekatan yang mengarahkan siswa dalam menemukan sendiri
konsep pemecahan masalah matematika dan mengaplikasikan konsep tersebut dalam
kehidupan sehari-hari. Secara umum konsep tersebut berkaitan dengan kemampuan
literasi numerasi yang dimiliki oleh siswa. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran dan keefektifan
pendekatan PMRI terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi operasi
hitung bilangan bulat di UPT SDN 106 Gresik. Jenis penelitian yaitu pre
experimental designs dengan bentuk penelitian one group pretest-posttest design.
Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan soal pretest-posttest, observasi dan
angket. Berdasarkan penelitian didapatkan bahwa pendekatan PMRI efektif untuk
digunakan. Hal ini sesuai dengan nilai rata-rata N-gain kemampuan literasi numerasi
siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat diperoleh sebesar 0,594155 berada
dalam kategori sedang yaitu pada kisaran 0,30 - 0,70. Sedangkan, hasil obervasi
keterlaksanaan guru dalam proses pembelajaran mulai pendahuluan, kegiatan inti, dan
penutup sudah terlaksana dengan baik.
Actions (login required)
|
View Item |