KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI UPT SDN 106 GRESIK

MAGHFIROH, FADHILAH LAILATUL (2021) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI UPT SDN 106 GRESIK. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210043_abstract.pdf

Download (478kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29947.html

Abstract

PMRI merupakan pendekatan yang mengarahkan siswa dalam menemukan sendiri konsep pemecahan masalah matematika dan mengaplikasikan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum konsep tersebut berkaitan dengan kemampuan literasi numerasi yang dimiliki oleh siswa. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran dan keefektifan pendekatan PMRI terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat di UPT SDN 106 Gresik. Jenis penelitian yaitu pre experimental designs dengan bentuk penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan soal pretest-posttest, observasi dan angket. Berdasarkan penelitian didapatkan bahwa pendekatan PMRI efektif untuk digunakan. Hal ini sesuai dengan nilai rata-rata N-gain kemampuan literasi numerasi siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat diperoleh sebesar 0,594155 berada dalam kategori sedang yaitu pada kisaran 0,30 - 0,70. Sedangkan, hasil obervasi keterlaksanaan guru dalam proses pembelajaran mulai pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup sudah terlaksana dengan baik.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAmin, Siti MaghfirotunNIDN8960100020amin@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, PMRI, Kemampuan Literasi Numerasi, Operasi Hitung Bilangan Bulat.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:30
Last Modified: 12 Apr 2023 08:28
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7483

Actions (login required)

View Item View Item