ROHMAH, MIFTAHUR
(2021)
PERBEDAAN PERKEMBANGAN KOGNITIF SEBELUM DAN SESUDAH PERMAINAN SPELLING PUZZLE PADA PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA DESA KEDUNGDUNG SAMPANG.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Menstimulasi kognitif anak, orang tua harus mengetahui terlebih dahulu
perkembangan kognitifnya sesuai usia. Salah satu permainan yang dapat diberikan
yaitu permainan spelling puzzle. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis
perbedaan pengaruh sebelum dan sesudah diberikan permainan Spelling Puzzle
perkembangan kognitif anak di TK Dharma Wanita Desa Kedungdung Sampang.
Metode Penelitian ini adalah pre-eksperimental design yaitu one group pre
test-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak sekolah usia
4-5 tahun, besar sampel sebesar 32 anak, pengambilan sample menggunakan teknik
simple random sampling. Pengambilan data menggunakan lembar observasi.
Selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Sign test dengan
tingkat signifikansi α = 0,05.
Hasil penelitian dari 30 responden sebelum diberikan permainan spelling
puzzle didapatkan sebagian besar (53,3%) memiliki perkembangan kognitif yang
kurang dan sesudah diberikan permainan spelling puzzle didapatkan sebagian besar
(70,0%) memiliki perkembangan kognitif yang baik. Hasil uji statistic
menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test sebelum dan sesudah diberikan
permainan spelling puzzle didapatkan nilai kemaknaan ρ= 0,000 dimana ρ<0,05
yang berarti Ho ditolak yang artinya ada pengaruh permainan spelling puzzle
terhadap perkembangan kognitif anak pada usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita
Kedungdung Sampang.
Permainan Spelling Puzzle ini sangat mempengaruhi perkembangan kognitif
anak. Diharapkan sekolah maupun orang tua untuk sering melakukan serta
memfasilitasi permainan edukatif seperti permainan Spelling Puzzle, karena dapat
meningkatkan kecerdasan dan kematangan cara berfikir otak anak.
Actions (login required)
|
View Item |