SAHRIN, LAILA ALFI
(2021)
PENGARUH ADVERTISING, CELEBRITY ENDORSEMENT DAN INOVASI PRODUK TERHADAP CITRA MEREK DAN NIAT PEMBELIAN : STUDI PADA RUANGGURU.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Perkembangan internet di Indonesia menyebabkan potensi tumbuhnya beragam
platform digital di Indonesia. Salah satu perkembangan bisnis berbasis platformdigital salah satunya dalam bidang pendidikan. Perkembangan industri educationtechnology di Indonesia beberapa tahun terakhir menunjukkan adanya tren yang
positif. Banyaknya Edtech yang berkembang di Indonesia menyebabkan persaingan
semakin kompetitif. Permasalahan yang menjadi penghambat eksistensi perusahaan
adalah niat pembelian. Apalagi di era saat ini, konsumen menjadi komplek dan
menuntut lebih banyak dari produk atau layanan perusahaan. Berbagai macam
bentuk produk, inovasi produk dan keunikan didalam produk serta keunggulandalam berbagai fungsi digunakan untuk lebih menarik perhatian konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh advertising, celebrity
endorsement dan inovasi produk terhadap citra merek dan niat pembelian. Metode
penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan
sampling purposive sampling. Penyebaran kuesioner dibuat secara online melaluigoogle form yang disebar kepada 403 responden dalam waktu satu minggu. Analisis
dapat pada penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian
ini adalah terdapat pengaruh signifikan antara advertising, celebrity endorsement,
inovasi produk terhadap citra merek. Celebrity endorsement, inovasi produk dan
citra merek memiliki pengaruh signifikan terhap niat pembelian. Akan tetapi pada
penelitian ini ditemukan bahwa advertising memiliki pengaruh tidak signifikan
terhadap niat pembelian.
Actions (login required)
|
View Item |