ULUM, SAIFUL
(2020)
PENERAPAN TERAPI BERMAIN LEGO PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DENGAN MASALAH KEPERAWATAN ANSIETAS PADA PASIEN BRONCOPNEUMONIA DI RUANG MELATI RSI JEMURSARI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Ansietas akibat hospitalisasi pada anak prasekolah dapat membuat anak menjadi gelisah
dan ketakutan sehingga anak tidak mau bekerja sama dalam tindakan medikasi dan dapat
mengganggu proses penyembuhan anak. Tujuan dari studi kasus ini yaitu melaksanakan
asuhan keperawatan pada pasien anak prasekolah yang mengalami ansietas akibat
hospitalisasi di Ruang Melati RSI Jemursari Surabaya.
Desain penelitian ini menggunakan metode kasus. Subjek penelitian adalah 2 pasien
anak dengan masalah keperawatan ansietas di Ruang Melati RSI Jemursari Surabaya.
Pengumpulan data dilakukan tanggal 18-20 Mei 2020 dengan teknik wawancara, observasi
dan pemeriksaan fisik.
Hasil studi kasus pada kedua pasien setelah dilakukan penerapan terapi bermain lego
mengalami penurunan tingkat kecemasan secara bertahap dan konsisten dimana respon pada
kedua pasien menjadi tenang, wajah tidak tegang, pola tidur teratur, tidak menangis, serta
nafsu makan membaik.
Simpulan dari studi kasus ini bahwa terapi bermain lego efektif dalam menurunkan
tingkat ansietas pada anak. Saran bagi pasien dan keluarga diharapkan mampu menerapkan
terapi bermain lego sebagai alternatif untuk mengurangi kecemasan pada anak saat
mengalami hospitalisasi, dan bagi perawat ruangan untuk dapat menerapkan tindakan mandiri
perawat dengan menerapkan terapi bermain lego agar klien dapat mencapai tindakan yang
optimal.
Actions (login required)
|
View Item |