LIESTIANI PURWANTO, DIAN (2014) GAMBARAN POLA ASUH IBU BEKERJA PADA ANAK DI PAUD BUAH HATI BUNDA RW 05 KELURAHAN JAMBANGAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]
|
PDF
KT-KP-140002_abstract.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Ibu yang berperan sebagai pengasuh dan pendidik berarti mengetahui kegiatan dan perkembangan anak. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan anak adalah pengasuhan. Pentingnya menerapkan pola asuh yang tepat pada anak mempengaruhi perkembangan anak. Kenyataannya ibu yang bekerja terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga terjadi ketidaksesuaian penerapan pola asuh. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pola asuh ibu bekerja pada anak di PAUD Buah Hati Bunda RW 05 Kelurahan Jambangan Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu bekerja yang mempunyai anak sebesar 27 ibu. Pengambilan sampel didasarkan dengan Non probability sampling dengan tipe total sampling yaitu sebesar 27 responden. Variabel penelitian ini adalah pola asuh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, data diolah melalui proses editing, scoring, coding dan tabulating. Analisis data secara statistik deskriptif dengan presentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 27 ibu bekerja yaitu 9 (33,3%) ibu menerapkan pola asuh otoriter, pola asuh demokratis 8 (29,6%) ibu, pola asuh permisif 4 (14,8%) ibu dan pola asuh situasional 6 (22,2%) ibu. Simpulan dari penelitian ini adalah hampir setengahnya ibu bekerja menerapkan pola asuh otoriter. Diharapkan ibu bekerja perlu mengetahui dan memperhatikan cara mengasuh anak dengan tetap memberikan perhatian dan meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan anak agar dapat mencapai perkembangan diri anak yang baik.
Item Type: | Undergraduate Thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola asuh, ibu bekerja |
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics |
Depositing User: | Mrs. . Aidah |
Date Deposited: | 20 Dec 2016 02:22 |
Last Modified: | 20 Dec 2016 02:22 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/770 |
Actions (login required)
View Item |