PENGARUH EDUKASI GIZI TERHADAP POLA MAKAN DAN STATUS GIZI ANAK USIA SEKOLAH : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

AISYAH, RIZKY NUR (2020) PENGARUH EDUKASI GIZI TERHADAP POLA MAKAN DAN STATUS GIZI ANAK USIA SEKOLAH : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-GZ-200034_abstract.pdf

Download (623kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26813.html

Abstract

Pola makan dengan gizi seimbang merupakan perilaku sehat yang berguna untuk memenuhi kebutuhan gizi dan energi anak usia sekolah. Pendidikan kesehatan dengan metode edukasi gizi akan mendorong untuk menerapkan perilaku sehat dan menjadikan anak usia sekolah lebih mudah memahami materi pendidikan kesehatan yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode edukasi gizi terhadap pola makan dan status gizi anak usia sekolah. Jenis penelitian deskriptif dengan metode penelitian Systematic Literature Review (SLR) menggunakan desain penelitian experimental, partisipan anak usia sekolah dengan variabel independen metode edukasi gizi dan variabel dependen pola makan dan status gizi. Hasil penelitian Fajrin et al (2018) dengan metode edukasi gizi peer group dapat mempengaruhi peningkatan pengetahuan terhadap pola makan dengan berubahnya kebiasaan sarapan pagi yang sebelumnya tidak sarapan, efektif mempengaruhi peningkatan status gizi normal. Hasil penelitian Hareke et al (2018) adanya perubahan pola makan dengan meningkatnya konsumsi camilan sehat dan perubahan berat badan kelompok intervensi sebelum edukasi dengan nilai 20,5% dan sesudah edukasi 21,4%, sedangkan kelompok kontrol sebelum edukasi dengan nilai 12,5% dan sesudah edukasi menunjukkan nilai 19,1%. Sedangkan pada penelitian Sartika (2012) ada peningkatan pengetahuan dengan nilai sebelum intervensi yaitu 8,38 dan nilai sesudah intervensi yaitu 8,69 (p value = 0,012). Pengetahuan mempengaruhi peningkatan konsumsi sarapan pagi partisipan dengan nilai sebesar 0,07 (p value = 0,05), dari hasil recall ada peningkatan asupan energi dan zat gizi makro. Terdapat pengaruh metode edukasi gizi terhadap pola makan dan status gizi pada anak usia sekolah.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKardina, Rizki NurmalyaNIDN0710018607rizki_kardina@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Anak usia sekolah, pola makan, status gizi, edukasi gizi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Nutrient
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:31
Last Modified: 24 Jan 2022 03:31
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7803

Actions (login required)

View Item View Item