WARDHANI, DYAH PRAMESTI AYU
  
(2020)
LITERATURE REVIEW: ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI RUMAH SAKIT.
    [Undergraduate Thesis]
  
  
  
  
  
    
  
    
      
      
    
  
  
    
  
  
    Abstract
    Masuknya Indonesia dalam era globalisasi, memacu peningkatan pertumbuhan rumah sakit baru, serta perpindahan orientasi rumah sakit menjadi orientasi profit, mengakibatkan  persaingan  yang  semakin  ketat  antar  rumah  sakit  di  Indonesia. Sehingga  rumah  sakit  harus  bertahan  dengan  mempertahankan  ekuitas  merek rumah  sakit.  Literature  review  ini  bertujuan  untuk  mengidentifikasi  pengaruh antara  ekuitas  merek  terhadap  loyalitas  pelanggan  di  rumah  sakit,  serta  elemen ekuitas merek yang dominan untuk penerapan di rumah sakit. Literature  review  ini  dilakukan  dengan  metode  traditional  literature  review. Sumber artikel didapatkan dari database Google Scholar dan Portal Garuda, dengan rentang  tahun  dari  2011-2020.  Kata  kunci  ‘pengaruh  ekuitas  merek  terhadap loyalitas’, ‘pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan rumah sakit’, dan ‘ekuitas merek di rumah sakit’. Pengumpulan artikel dilakukan mulai dari tanggal 21  April  2020-23  April  2020.  Didapatkan  18  artikel  dari  3.385  artikel,  yang selanjutnya  dilakukan  pengolahan  data  dengan  metode  ilustratif.  Pengolahan dilakukan dengan menggambarkan variabel dan di analisis untuk mencari adanya pengaruh antar variabel. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  ekuitas  merek  secara  langsung berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu terdapat pengaruh secara tidak langsung  melalui  kualitas  persepsi,  kepuasan  pelanggan,  keputusan  pemanfaatan pelayanan dan pemanfaatan kembali sebagai variabel moderator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asosiasi merek sebagai elemen ekuitas merek yang dominan memperkuat ekuitas merek dalam penerapannya di rumah sakit. Kesimpulan penelitian yaitu terdapat pengaruh  antara ekuitas merek terhadap loyalitas  pelanggan  di  rumah  sakit.  Asosiasi  merek  merupakan  elemen  yang dominan memengaruhi nilai kekuatan ekuitas merek. Saran untuk rumah sakit yaitu meningkatkan  ekuitas  merek  rumah  sakit  dengan  cara  peningkatan  kualitas pelayanan rumah sakit dan membangun citra yang kuat untuk rumah sakit.
  
  
  
  
  
    Actions (login required)
    
    
      
          | 
        View Item |