WACHDANIYAH, AYU RIZKI
  
(2020)
LITERATURE REVIEW: IMPLEMENTASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) DALAM MENUNJANG PEMASARAN RUMAH SAKIT.
    [Undergraduate Thesis]
  
  
  
  
  
    
  
    
      
      
    
  
  
    
  
  
    Abstract
    Komunikasi pemasaran merupakan sarana yang  digunakan rumah sakit dalam upaya  untuk  menginformasikan,  dan  mengingatkan  konsumen  secara  langsung tentang  keberadaan  rumah  sakit  dan  produk  yang  ditawarkan.  Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communication/IMC) berpotensi besar dalam mempengaruhi kinerja bisnis, untuk memberikan keunggulan kompetitif pada rumah sakit, untuk meningkatkan ekuitas merek, dan untuk memastikan efektivitas dan  konsistensi  komunikasi  dengan  memfalisitasi  pencapaian  komunikasi  serta tujuan pemasaran. Literature review ini bertujuan untuk menganalisis implementasi elemen IMC dalam menunjang pemasaran rumah sakit. Metode yang digunakan dalam literature review ini adalah traditional literature review,  dengan  mengumpulkan  artikel  dari  database  google  scholar,  dan  portal garuda.  Artikel  yang  digunakan  yaitu  publikasi  dari  tahun  2010  sampai  2019. Artikel yang berhasil dikumpulkan setelah dilakukan tahapan screening dari kedua database yaitu sebanyak 11 artikel. Berdasarkan  artikel  yang  dikumpulkan,  didapatkan  hasil  bahwa  kegiatan periklanan,  penjualan  langsung,  hubungan  masyarakat,  pemasaran  langsung,  dan getok tular dapat menunjang kegiatan pemasaran rumah sakit. Sedangkan promosi penjualan  tidak  berpengaruh  besar  dalam  kegiatan  pemasaran  rumah  sakit. Periklanan  dan  getok  tular  merupakan  elemen  yang  paling  berpengaruh  dalam upaya pemasaran rumah sakit. Kegiatan IMC merupakan kegiatan yang berkelanjutan, sehingga perlu adanya penyesuaian dengan perkembangan zaman, namun tidak sepenuhnya meninggalkan metode  tradisional.  Pelaksanaan  elemen  dari  IMC  dapat  mencapai  tujuan  rumah sakit untuk memenangkan persaingan dan meningkatkan jumlah kunjungan pasien. Namun dalam pelaksanaannya dibutuhkan survei sasaran dan lingkungan, anggaran dana khusus, dan strategi yang matang, agar pesan dan informasi dapat tersampaikan dengan maksimal.
  
  
  
  
  
    Actions (login required)
    
    
      
          | 
        View Item |