LITERATURE REVIEW: IMPLEMENTASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) DALAM MENUNJANG PEMASARAN RUMAH SAKIT

WACHDANIYAH, AYU RIZKI (2020) LITERATURE REVIEW: IMPLEMENTASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) DALAM MENUNJANG PEMASARAN RUMAH SAKIT. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-KM-200023_abstract.pdf

Download (485kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27561.html

Abstract

Komunikasi pemasaran merupakan sarana yang digunakan rumah sakit dalam upaya untuk menginformasikan, dan mengingatkan konsumen secara langsung tentang keberadaan rumah sakit dan produk yang ditawarkan. Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communication/IMC) berpotensi besar dalam mempengaruhi kinerja bisnis, untuk memberikan keunggulan kompetitif pada rumah sakit, untuk meningkatkan ekuitas merek, dan untuk memastikan efektivitas dan konsistensi komunikasi dengan memfalisitasi pencapaian komunikasi serta tujuan pemasaran. Literature review ini bertujuan untuk menganalisis implementasi elemen IMC dalam menunjang pemasaran rumah sakit. Metode yang digunakan dalam literature review ini adalah traditional literature review, dengan mengumpulkan artikel dari database google scholar, dan portal garuda. Artikel yang digunakan yaitu publikasi dari tahun 2010 sampai 2019. Artikel yang berhasil dikumpulkan setelah dilakukan tahapan screening dari kedua database yaitu sebanyak 11 artikel. Berdasarkan artikel yang dikumpulkan, didapatkan hasil bahwa kegiatan periklanan, penjualan langsung, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, dan getok tular dapat menunjang kegiatan pemasaran rumah sakit. Sedangkan promosi penjualan tidak berpengaruh besar dalam kegiatan pemasaran rumah sakit. Periklanan dan getok tular merupakan elemen yang paling berpengaruh dalam upaya pemasaran rumah sakit. Kegiatan IMC merupakan kegiatan yang berkelanjutan, sehingga perlu adanya penyesuaian dengan perkembangan zaman, namun tidak sepenuhnya meninggalkan metode tradisional. Pelaksanaan elemen dari IMC dapat mencapai tujuan rumah sakit untuk memenangkan persaingan dan meningkatkan jumlah kunjungan pasien. Namun dalam pelaksanaannya dibutuhkan survei sasaran dan lingkungan, anggaran dana khusus, dan strategi yang matang, agar pesan dan informasi dapat tersampaikan dengan maksimal.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWijaya, SatriyaNIDN0724028204swijaya7@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Integrated Marketing Communication (IMC), Pemasaran, Rumah Sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Public Health
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:13
Last Modified: 24 Jan 2022 06:13
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7869

Actions (login required)

View Item View Item